Dansatgas TNI 300 Siliwangi di Mayuberi Papua Dapat Gelar Kehormatan “DANGMAGAI” Dari Suku Damal

IMG-20240211-WA0001.jpg
Dansatgas Mobile 300 Siliwangi, Letkol Inf. Afri Swandi Ritonga dianugerahi gelar kehormatan \"Dangmagai\" sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih masyarakat Suku Damal Mayuberi, Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua.
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Dansatgas Mobile 300 Siliwangi, Letkol Inf. Afri Swandi Ritonga dianugerahi gelar kehormatan “Dangmagai” sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih masyarakat Suku Damal Mayuberi, Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. 

Penyematan gelar tersebut dilakukan dalam kegiatan tradisi bakar batu. Gelar kehormatan tersebut diberikan oleh masyarakat Suku Damal Mayuberikepada Satgas TNI 300 Siliwangi yang telah memberikan banyak kontribusi dalam membantu kehidupan masyarakat. 

Pemberian gelar “Dangmagai” ini langsung disematkan oleh Kepala suku Damal Ilaga Utara, Yarinus yang disaksikan Kepala Suku Besar Damal Kabupaten Puncak dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. 

Baca Juga:HPN 2024, PWI Cianjur akan Menggelar Pameran Media hingga Penanaman PohonHPN 2024, Bupati Cianjur Ajak Insan Pers Mengawal Pesta Demokrasi 2024

Dangmagai, berasal dari dua etnik keluarga yaitu “Dang” dan “Magai” yang dijadikan satu etnik “Dangmagai” berarti etnik/ras tertinggi Suku Damal di Ilaga Utara. 

Kedekatan antara masyarakat Suku Damal dan Satgas TNI 300 Siliwangi tidak serta merta terjadi, terjalin secara perlahan kemudian menjadi semakin kuat menjadi persaudaraan dan kekeluargaan yang erat. 

Hal ini dikarenakan Personel Satgas 300 Siliwangi secara terus menerus berkeinginan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program dan usaha yang meliputi pembuatan Honai Bersama, pembuatan Sekolah Darurat, Makan Bersama, Patroli Kesehatan Honai dan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di nasyarakat.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Komandan 300 Siliwangi yang selalu menjaga dan melidungi kami dan kepada Pos Mayuberi yang semenjak datang sampai sekarang tetap setia dengan masyarakat Mayuberi Ilaga Utara dan selalu turun tangan pada saat masyarakat kesulitan serta tidak pernah berdiam diri di Pos dalam menyelesaikan permasalahan Masyarakat,” ujar Kepala Suku Besar Ilaga Utara, Micolaus Ahabal.

Micolaus berharap, kedekatan dan persaudaraan yang terjadi antara masyarakat Mayuberi Ilaga utara dan Satgas 300 Siliwangi dapat terjalin terus untuk kedepannya serta menjadi suatu simbol persaudaraan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sementara itu, Dansatgas 300/Siliwangi Letkol Inf Afri Swandi Ritonga Kogoya Dangmagai, mengatakan, menyadari besarnya rasa persaudaraan dan perhatian yang diberikan masyarakat Mayuberi Papua kepada satgas.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat Suku Damal di Mayuberi, Ilaga Utara atas penghargaan “DANGMAGAI” yang diberikan kepada saya dan berharap persaudaraan antara masyarakat dan Satgas 300 dapat terus terjalin kedepannya,” katanya dalam rilis tertulisnya Sabtu 10 Februari 2024. 

0 Komentar