100 Personel TNI Dikerahkan Bantu Evakuasi Pohon Tumbang

100 Personel TNI Dikerahkan Bantu Evakuasi Pohon Tumbang
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Sebanyak 100 personel TNI AD dari Yonarmed 5/ Pancagiri dikerahkan guna membantu proses evakuasi pohon tumbang yang terjadi di Jalan Raya Cipanas, tepatnya di Kampung Pengkolan RT 01/RW 03, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas pada Jumat (27/1/2024) malam.

Perwira Penerangan (Papen) Yonarmed 5/Pancagiri Letda Arifaldi Joko Santoso menerangkan, setelah menerima laporan adanya pohon tumbang di Desa Ciloto dan langsung menerjunkan personil dengan dilengkapi peralatan.

“Setelah menerima laporan, kami langsung menerjunkan 100 personel dengan peralatan seperti gergaji, cangkul, linggis, dan alat lain untuk proses evakuasi pohon tumbang,” ujarnya, Jumat (26/1/2024)

Baca Juga:Pohon Tumbang Akibatkan Satu Pemotor Luka dan Dua Kendaraan RingsekRenovasi Alun-alun Cianjur Ditargetkan Rampung Akhir Januari Ini

Personel Yonarmed 5/Pancagiri bersama petugas gabungan dari Damkar, BPBD, kepolisian, serta warga sekitar mengevakuasi korban luka yang merupakan pengendara sepeda motor, yang langsung dibawa ke RSUD Cimacan.

Arifaldi menerangkan, proses evakuasi sempat terkendala karena ukuran pohon yang besar sekira setinggi 12 meter dengan diameter 1,5 meter.

“Ukuran pohon yang besar membuat proses pemotongan sedikit sulit, karena untuk mengevakuasi para personel gabungan harus memotong pohon tersebut jadi bagian-bagian kecil,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Cianjur untuk mencari lokasi pembuangan bagian-bagian pohon yang telah dipangkas oleh personel gabungan.

“Kita akan berkoordinasi dengan pemkab untuk lokasi pembuangan potongan pohon. Tapi untuk saat ini akan disingkirkan dulu di sisi jalan, karena saat ini yang penting arus lalu lintas bisa kembali normal,” ungkap Arifaldi.

Diketahui, hingga Sabtu (27/1/2024)  tengah malam pihaknya masih berupaya untuk memotong bagian pohon yang masih melintang di Jalan Raya Cipanas.

Seperti diketahui, diduga karena hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon berukuran jumbo tumbang dan menimpa dua unit kendaraan di Kampung Pengkolan RT 01/RW 03, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas pada Jumat (27/1/2024) sekira pukul 20.00 WIB.

Baca Juga:Selama 53 Menit di Sekitar Korban, YE Mengaku Hanya Pegang KursiKepala Sekolah Benarkan Soal Adanya Dugaan Pelecehan

Kepala Desa Ciloto Marwan mengatakan meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, satu orang pengendara motor yang melintas dari arah Cianjur ke Jakarta alami patah tulang dan telah dibawa ke RSUD Cimacan.

Sedangkan pengendara mobil SUV dinyatakan selamat meskipun kondisi mobil bagian belakang ringsek parah tertimpa pohon.

“Satu unit motor dan mobil tertimpa pohon. Salah seorang pengendara motor yang berboncengan alami patah tulang dan sudah dibawa ke RS,” ujar Marwan saat dikonfirmasi. (zan)

0 Komentar