Waspada Cuaca Ekstrem, PLN UP3 Cianjur Imbau Pelanggan Gunakan Listrik Dengan Aman

Waspada Cuaca Ekstrem, PLN UP3 Cianjur Imbau Pelanggan Gunakan Listrik Dengan Aman
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), masih terdapat beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia selama periode Januari 2024 ini.

Dalam kondisi cuaca ekstrem tersebut, rawan terjadi pohon tumbang, banjir dan tanah longsor yang dapat mengakibatkan gangguan listrik.

Seperti halnya yang terjadi di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanggeung pada pekan pertama Januari 2024 tepatnya pada Rabu (3/1) dan Minggu (7/1) yakni pohon tumbang menimpa jaringan listrik tegangan menengah 20 kV.

Baca Juga:Antisipasi Hujan Petir, PLN UP3 Cianjur Giatkan Pemeliharaan dengan PDKBMasyarakat Cianjur Antusias Pakai Layanan Paspor Simpatik, Kuota Selalu Terpenuhi

“Akibatnya pasokan listrik ke pelanggan terganggu. Namun tim PLN bergerak sigap untuk menangani padam listrik yang berawal dari pohon tumbang pada saat cuaca ekstrem itu. Dalam penanganan gangguan listrik akibat pohon tumbang tersebut, kami juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran,” kata Manager PLN UP3 Cianjur, Agus Tasya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/1/2024).

Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa pihaknya juga terus mengupayakan langkah-langkah preventif demi tetap menjaga keandalan pasokan listrik di wilayahnya.

“Sejauh ini, kami telah melakukan perawatan infrastruktur seperti perbaikan tiang miring yang berpotensi tumbang terutama di titik-titik lokasi yang rawan longsor. Selain itu, kami juga konsisten melaksanakan pemangkasan dahan pohon dan bahkan penebangan pohon yang rawan tumbang,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia, mengimbau pada pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk tetap waspada dan menggunakan listrik dengan aman pada kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

“Pertama, pastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi baik dan aman. Selanjutnya, jika menemukan potensi yang dapat mengganggu suplai listrik seperti angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang atau air banjir yang semakin meninggi dan bisa merendam gardu listrik, masyarakat bisa melaporkannya melalui PLN Mobile,” ujarnya.

Adapun aplikasi PLN Mobile tersebut dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store pada gadget milik pelanggan.(*)

0 Komentar