Antisipasi Hujan Petir, PLN UP3 Cianjur Giatkan Pemeliharaan dengan PDKB

Antisipasi Hujan Petir, PLN UP3 Cianjur Giatkan Pemeliharaan dengan PDKB
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, menggiatkan pemeliharaan untuk memasang alat bernama “Arrester” untuk mengantisipasi kendala pasokan listrik pada saat cuaca buruk seperti hujan petir.

Pasalnya, kondisi cuaca ekstrem pada Januari 2024 ini bisa saja terjadi hujan turun yang terkadang disertai petir dan menimbulkan gangguan kelistrikan.

Alat ini berfungsi untuk melindungi peralatan pada jaringan listrik dari surja petir atau gejala tegangan berlebih secara tiba-tiba dan sifatnya temporer akibat adanya sambaran petir.

Baca Juga:Masyarakat Cianjur Antusias Pakai Layanan Paspor Simpatik, Kuota Selalu TerpenuhiSebut Tiga OPD Bisa Ajukan Penggunaan Dana BTT Darurat Sampah, Asda II: Kita Maunya Parsial

“Kami menerjunkan tim khusus PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) untuk melaksanakan pemasangan arrester tersebut di jaringan listrik di sekitar wilayah RSUD Sayang pada Senin (15/1),” kata Manager PLN UP3 Cianjur, Agus Tasya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/1/2024).

Menurut Agus, pihaknya menugaskan tim PDKB agar pelanggan tidak perlu merasakan padam dan tetap dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari saat pekerjaan pemeliharaan dilakukan. Apalagi wilayah RSUD Sayang terletak di tengah kota yang padat penduduk.

Jika ditelusuri dari histori, rupanya di wilayah sekitar RSUD memang sering terjadi gangguan listrik akibat petir. Sambaran petir dapat mengakibatkan lonjakan tegangan listrik (over voltage) yang melebihi batas toleransi dan bisa menyebabkan rusaknya peralatan elektronik yang ada pada jaringan listrik.

“Dengan pemasangan arrester ini, diharapkan gangguan listrik yang terjadi akibat sambaran petir dapat ditekan,” ujar Agus.

Sementara itu, tim PDKB merupakan tim beranggotakan orang-orang pilihan yang telah dibekali keterampilan dan kompetensi khusus. Oleh karena itu mereka mampu melakukan kegiatan pemeliharaan, perbaikan, penggantian isolator dan konduktor serta komponen lainnya pada jaringan listrik dalam kondisi tanpa padam.

“Dengan demikian, pemeliharaan jaringan berbasis PDKB alias tanpa padam ini merupakan upaya PLN untuk meningkatkan keandalan jaringan dengan tetap mengedepankan pelayanan terbaik pada pelanggan,” kata Agus.

General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PLN UP3 Cianjur. PLN akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dan stakeholder untuk memberikan pelayanan kelistrikan yang aman dan andal kepada masyarakat.

Baca Juga:Ampuh Cianjur: Penggunaan Dana BTT Darurat Sampah Harus TransparanIkut Ridwan Kamil, Ribuan Pesantren, Kyai dan Tokoh Agama di Jabar Dukung Prabowo-Gibran

Dia juga menyampaikan, pada musim penghujan seperti sekarang ini pelanggan PLN dan masyarakat pada umumnya agar mengantisipasi bahaya listrik.

0 Komentar