TPA Pasir Sembung Cianjur Overload, Diskuperdagin Dorong Pasar Olah Sampah Secara Mandiri

Pemkab Cianjur Masih Mengkaji Penetapan Darurat Sampah
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pasirsembung, Cianjur mengalami kelebihan kapasitas atau over load. (foto/ist)
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur, mendorong seluruh pasar untuk melakukan pengolahan sampah secara mandiri.

Langkah ini guna mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Pasir Sembung yang saat ini kondisinya sudah overload.

Kepala Diskuperdagin Cianjur, Komarudin, mengungkapkan, volume sampah yang dihasilkan tujuh pasar berdasarkan data sementara mencapai kurang lebih 42 ton perharinya.

Baca Juga:RSUD Sayang Cianjur Akan Buka Poli EksekutifDisdikpora Cianjur Tegaskan Siswa Dilarang Bawa Motor ke Sekolah

Diantaranya, Pasar Ciranjang, Pasar Cipanas, Pasar Induk Cianjur, Pasar Cibeber, Pasar Muka, Pasar Cikalongkulon, Pasar Cigombong dan Pasar Sukanagara.

“Kami sudah menggelar rapat hari ini bersama UPTD Pasar, DPP dan K5, solusinya adalah melakukan pengelolaan sampah secara mandiri di masing-masing UPTD pasar,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Kamis (18/1).

Nantinya, jelas Komarudin, pengelola pasar dapat memilah sampah organik dan non organik yang kemudian diolah menjadi pupuk organik dan lainnya sehingga bermanfaat.

“Sekarang masing-masing pasar akan menyiapkan lahan, termasuk perencanaan pengadaan alat pengolahan berikut dengan tenaganya untuk dilatih,” katanya.(hyt)

0 Komentar