Makna Jumat Kliwon 18 Januari 2024, Perhatikan Hal Ini!

Makna Jumat Kliwon 18 Januari 2024
Makna Jumat Kliwon 18 Januari 2024
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Makna Jumat Kliwon 18 Januari 2024, apakah ada kaitannya dengan magis? Simak ulasannya sampai habis.

Sebagaimana diketahui, Jumat kliwon bagi masyarakat yang memiliki ritual atau tradisi tertentu menjadi hari yang istimewa baik dari segi agama maupun budaya.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, terdapat satu hari Jumat Kliwon pada bulan ini atau jatuh pada 19 Januari 2024/7 Rajab 1445 Hijriah.

Baca Juga:Ustd Adi Hidayat: Hadits Shahih Puasa Rajab Mulai 13 Januari 2024Mau Nonton Film Trinil: Kembalikan Tubuhku 2024? Cek Linknya Disini!

Makna Jumat Kliwon 18 Januari 2024

Istilah “Jumat Kliwon” merujuk pada sistem penanggalan Jawa, yang merupakan tradisi kalender berdasarkan perpaduan antara kalender Hijriah dan kalender Jawa. Dalam sistem ini, hari-hari dalam satu bulan memiliki nama-nama yang berbeda, termasuk hari Jumat dan Kliwon.

Hari Jumat di dalam Islam memiliki keistimewaan tersendiri. Pada hari Jumat, umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat sebagai pengganti salat zuhur. Rasulullah SAW juga menyebutkan keutamaan khusus pada hari Jumat, seperti berlipat ganda pahala, terdapat waktu yang diterima doanya, dan lain sebagainya.

Sedangkan “Kliwon” dalam sistem penanggalan Jawa mengacu pada salah satu dari lima pasaran (Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing) yang digunakan untuk menentukan karakteristik dan keberuntungan suatu hari. Setiap hari memiliki pasaran tertentu, dan Kliwon adalah salah satu pasaran tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa konsep “Jumat Kliwon” sebenarnya tidak memiliki makna keagamaan tertentu dalam Islam. Istilah ini lebih bersifat lokal dan kultural, terkait dengan tradisi dan kepercayaan masyarakat Jawa terhadap hari-hari tertentu yang dianggap memiliki pengaruh atau kekuatan khusus. Oleh karena itu, seseorang sebaiknya tetap mengutamakan pemahaman dan praktik Islam yang sesuai dengan ajaran utama agama, dan tidak menjadikan kepercayaan lokal sebagai bagian dari ibadah atau keyakinan agama.

Demikian informasi mengenai Makna Jumat Kliwon 18 Januari 2024.**

0 Komentar