Longsor Pagelaran Cianjur, Putus Jalan Penghubung Desa dan Rusak Ratusan Petak Sawah

Longsor Pagelaran Cianjur, Putus Jalan Penghubung Desa dan Rusak Ratusan Petak Sawah
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Longsor terjadi di Kampung Legok Muncang, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur pada Kamis (11/1).

Akibatnya, jalan penghubung antara Desa Bunijaya-Situhiang terputus dan merusak ratusan petak sawah baik yang akan panen serta yang baru ditanam.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bunijaya, M Rahmat mengungkapkan, jika longsor terjadi pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB setelah hujan deras dan berdurasi lama mengguyur daerah tersebut.

Baca Juga:Banyak Keluhan dari Warga, Satlantas Polres Cianjur Gelar Razia Knalpot BrongKunjungan Kerja ke Cianjur, Mensos Tri Rismaharini Serahkan Bantuan Rumah Bagi Warga Terdampak Gempa

“Ada dua titik longsor tang terjadi di Dusun Pogor dan Dusun Cilemeta. Tebing selebar kurang lebih 50 meter dengan ketinggian kurang lebih 50 meter longsor karena hujan kemarin,” ujar Rahmat saat dihubungi Cianjur Ekspres, Jumat (12/1/2024).

Ratusan petak sawah pun dipastikan gagal panen akibat tertimbun material longsor. Titik pertama menimbun 2.500 meter persegi petak sawah, dan di titik kedua longsor merusak 3.000 meter persegi sawah.

“Ada sebagian yang gagal panen, ada sawah yang baru tanam, ada juga yang belum tanam. Di satu titik 1/4 hektar, di titik kurang lebih 3.000 meter (persegi),” ujarnya.

Namun dirinya belum bisa memperkirakan total kerugian yang ditimbulkan. Pasalnya, untuk menghitung kerugian harus mengumpulkan para pemilik sawah.

“Kita belum mendata luas pastinya, lalu data luas sawah milik perorang, juga nilai kerugiannya. Hari ini baru akan didata

Kata dia, kejadian tersebut pun telah dilaporkan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur dan berharap untuk segera ditangani.

“Karena butuh alat berat membersihkan material longsor. Kita juga sudah koordinasi dengan Polsek Pagelaran dan Retana dan sudah meninjau lokasi longsor,” ujar Rahmat.

Baca Juga:Dua Bocah SMP di Cianjur Diringkus Polisi Setelah Lakukan PembacokanBupati Resmikan Gedung Baru Kantor Bakesbangpol Cianjur

Terpisah, Kepala pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Cianjur Asep Sukmana Wijaya mengungkapkan jika pihaknya sudah menerima laporan longsor.

“Sudah saya terima dan anggota kita sudah melakukan assesmen bencana tersebut. Kita juga sedang mendata berapa total kerugian yang ditimbulkan baik sawah dan padinya,” ujarnya.(zan)

0 Komentar