BKPSDM Cianjur Terima Dua Laporan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

BKPSDM Cianjur Terima Dua Laporan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cianjur, telah menerima dua laporan terkait dugaan pelanggaran Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Cianjur.

Kedua orang ASN itu berasal dari lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diskdikpora) Kabupaten Cianjur dan Sekretaris Camat Cidaun.

Kepala BKPSDM Kabupaten Cianjur, Ayi Reza Addairobi, menegaskan, bahwa, ASN harus 100 persen netral. Namun demikian, mesti diingat juga bahwa ASN tetap mempunyai hak pilih dan diserahkan ke masing-masing, tidak seperti TNI/Polri.

Baca Juga:Kakanwil Kemenkumham Jabar Pastikan Keamanan Malam Natal 2023 Bersama Forkopimda JabarRekomendasi Panci Serbaguna dan Cara Penggunaannya

“Yang jelas kita melakukan pembinaan-pembinaan, sosialisasi terkait dengan apa yang dilarang dalam netralitas tersebut,” kata dia kepada wartawan, Kamis (11/1/2024).

“Misal ada ASN hadir di kegiatan caleg, itu kan debat tebel yah, kalau misalkan dia hanya ingin tahu tanpa atribut apapun, pasif, hanya memperhatikan tidak melakukan kegiatan-kegiatan kampanye, itu sah-sah saja,” sambung Robi.

Menurut dia, ASN juga seperti halnya masyarakat biasa untuk mengetahui program-program apa saja yang ditawarkan. Asal jangan memakai atribut di luar jam kerja.

“Kalau hari kerja, kalau kita seperti ini, jam kerja itu dari pukul 7.30 sampai pukul 15.30 WIB. Itu bisa diterjemahkanlah,” kata Robi.

Robi mengatakan, hingga saat ini dirinya baru menerima dua laporan terkait adanya pelanggaran netralitas ASN. Diantaranya dari Diskdikpora dan Camat Cidaun.

“Yang melapor ke kita baru dua, dari Diskdikpora satu orang, itu hasil pemeriksaan Itda itu yang bersangkutan terbukti meng-upload, tetapi belum masa penetapan. Jadi sanksinya teguran secara tertulis pernyataan tidak puas dari pak bupati,” katanya.

Kedua, lanjut dia, terkait dengan Sekmat Cidaun itu sudah masuk KASN, pihaknya saat ini sedang menunggu baru ada klarifikasi dari KASN ke yang bersangkutan.

Baca Juga:Di HUT IBI Kabupaten Cianjur ke-72, Bank BJB Beri Bantuan untuk Tingkatkan Kompetensi BidanKolaborasi Bank bjb Cabang Cianjur dan Cadisdikwil VI: Persiapan Dana Pensiun Lebih Mudah dengan Buku bjb Siap

“Selanjutnya kita menunggu arahan atau surat dari KASN. Kebetulan saya juga di Bawaslu sebagai Pokja netralitas ASN. Jadi saya harus bisa memastikan bahwa seluruh ASN di kabupaten Cianjur netral,” pungkasnya.(dik/hyt)

0 Komentar