Dinkes Cianjur Ungkap Keterlambatan Penanganan Nurhayati Penderita Tumor Ganas Asal Takokak Cianjur

Dinkes Cianjur Ungkap Keterlambatan Penanganan Nurhayati Penderita Tumor Ganas Asal Takokak Cianjur
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, mengungkapkan keterlambatan penanganan Nurhayati (42) warga Kampung Nangka Kembang RT 01/RW 01 Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak penderita tumor ganas di RSHS Bandung akibat menunggu hasil patalogi anatomi (PA).

Saat ini pasien masih beristirahat di rumah singgah yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dan sudah melakukan penanganan terhadap Nurhayati yang menderita penyakit tumor ganas di bagian leher.

Baca Juga:Alun-alun Cianjur Akan Ditutup Selama Sebulan, Kenapa?

“Memang itu sudah kami konfirmasi, jadi sebetulnya kalau dari Puskemas tenaga kesehatan kita yang ada di desa maupun di Puskesmas bergantian terus untuk memeriksakan. Ketika merujuk ke Sukabumi kemudian pulang dari Sukabumi itu ditangani langsung oleh tenaga kesehatan kita,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (9/1/2024).

Tetapi, lanjut Yusman, ketika itu di rujuk ke RSHS Bandung dan berada di rumah singgah itu menunggu hasil patologi anatomi dari RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi.

“Jadi menunggu hasil jaringan PA-nya. Dan Alhamdulillah kemarin sudah ada, baru bisa setelah ada hasilnya kebetulan yang menangani di RSUD R Syamsudin SH Sukabumi itu dokternya sama dengan yang di RSUD Sayang Cianjur, dr Nezar,” kata dia.

“Dan Alhamdulillah sampelnya sudah di kirim ke RSHS, jadi nanti di sana ada kepastian waktu. Jadi di rumah tunggu itu tidak diapa-apain itu karena menunggu hasil PA jaringan itu,” lanjut Yusman.

Ternyata, ungkap Yusman, dari hasil Patologi Anatominya memang tumor ganas dan nanti akan dilakukan operasi di RSHS.

“Jadi ketika sudah ada kepastian insyaAllah akan dijadwalkan hari apa untuk dilakukan operasi. Mudah-mudahan saja itu tertangani. Karena saya melihat kondisi pasiennya parah sekali,” katanya.

“Tapi Alhamdulillah sudah punya BPJS tidak masalah dengan biaya. Paling juga kalau terlalu lama di rumah singgah mungkin biaya makan minum pendampingnya yang harus dipikirkan,” ujar Yusman menambahkan.

Baca Juga:Usai Debat Capres Ketiga Anies Dilaporkan ke BawasluPernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah di Gelar Selama 10 Hari

Menurutnya, setelah operasi selesai, nantinya akan langsung dilakukan kemoterapi dan radio terapi yang di sinar sampai habis total sel-sel kankernya.

0 Komentar