8 Kuliner Khas Jawa Barat Siap Menggoyah Lidah

Kuliner Khas Jawa Barat
Kuliner Khas Jawa Barat
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Kuliner khas Jawa Barat memiliki cita rasa yang khas dan unik, yang dipengaruhi oleh budaya dan tradisi masyarakat Jawa Barat.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang beragam.

Memiliki ragam makanan tradisional Jawa Barat yang cita rasanya begitu menarik untuk dicoba, tentunya akan cocok untuk semua lidah.

Baca Juga:Daftar Macam Sushi Favorite di Pecinta Makanan JepangLezatnya Kue Jahe Camilan Manis yang Sehat

Selain makanan-makanan tersebut, masih banyak lagi makanan tradisional khas Jawa Barat yang tidak kalah lezat dan menggugah selera.

Makanan-makanan tradisional Jawa Barat merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Berikut adalah beberapa makanan tradisional khas Jawa Barat yang populer dan terkenal.

Kuliner Khas Jawa Barat

Cilok

Cilok merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji yang direbus, lalu dibentuk bulat-bulat. Cilok biasanya disajikan dengan saus kacang, sambal, dan kecap.

Cireng

Cireng merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Cireng biasanya disajikan dengan bumbu kacang, sambal, dan kecap.

Colenak

Colenak merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong bakar yang dilumuri dengan gula merah cair. Colenak biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut.

Surabi

Surabi merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak di atas cetakan berbentuk bulat. Surabi biasanya disajikan dengan berbagai topping, seperti oncom, gula merah, dan keju.

Baca Juga:Daftar Biskuit Legendaris dari Masa ke MasaRaffi Ahmad Jualan Ayam Geprek? Harganya Bikin Mikir

Nasi Timbel

Nasi Timbel merupakan makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Nasi Timbel biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk, seperti ayam bakar, ikan bakar, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal.

Karedok

Karedok merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari sayuran, seperti kol, tauge, kacang panjang, terong, dan tomat. Sayuran-sayuran tersebut direbus atau ditumis, lalu dicampur dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, bawang putih, dan gula merah.

Lotek

Lotek merupakan makanan khas Jawa Barat yang mirip dengan karedok, tetapi bumbu kacangnya lebih encer. Lotek biasanya disajikan dengan lontong, kerupuk, dan telur rebus.

0 Komentar