10 Fakta Dimsum yang Menarik untuk Diulik

Fakta Dimsum
Fakta Dimsum
0 Komentar

CIANJUREKSPRESDimsum menjadi camilan favorite bahkan makanan dimsum memiliki fakta menarik yang bisa dikupas bersama-sama sebagai penambah wawasan Anda.

Biasanya dimsum dimakan sebagai sarapan atau sarapan siang. Namun karena makanan ini populer di dunia dari Hong Kong, maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin.

Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya dimakan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha (Hanzi: 飲茶, Pinyin: yincha).

Baca Juga:Simak Sejarah Dimsum yang Berawal pada 618 Masehi5 Jenis Restoran yang Menyediakan Menu Dimsum

Fakta-fakta ini mencerminkan kekayaan dan keragaman budaya dimsum yang telah berkembang sejak awalnya diperkenalkan.

Fakta Dimsum yang Menarik

Nama “Dimsum”

Nama “dimsum” berasal dari bahasa Kantonis, di mana “dim” berarti “titik” atau “perkara kecil” dan “sum” berarti “hati” atau “jiwa”. Jadi, secara harfiah, “dimsum” dapat diartikan sebagai “sesuatu yang membuat hati Anda bahagia.”

Ukuran dan Jumlah

Dimsum biasanya disajikan dalam porsi kecil, dan tradisinya adalah bahwa seorang tamu seharusnya mencoba beberapa jenis dimsum dalam satu hidangan. Ini memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai rasa dan tekstur.

Bentuk Xiao Long Bao

Xiao Long Bao, atau soup dumpling, terkenal dengan kuah panas di dalamnya. Kulit dimsumnya sangat tipis dan memerlukan keterampilan khusus untuk membuatnya. Ketika dimsum ini dikukus, gelatin di dalamnya meleleh dan menciptakan kuah lezat.

Teh dan Dimsum

Masyarakat Tionghoa seringkali menyantap dimsum dengan teh. Kombinasi antara teh panas dan hidangan kecil dimsum diyakini dapat membantu pencernaan.

Jumlah Variasi Dimsum

Ada ratusan variasi dimsum dengan berbagai jenis kulit dan isian. Setiap jenis dimsum dapat memiliki rasa yang unik, dan beberapa di antaranya sangat kreatif, seperti dimsum yang berbentuk binatang atau buah.

Dimsum dalam Keseharian

Di Tiongkok, dimsum tidak hanya disajikan sebagai hidangan khusus di restoran. Sebagian besar dimsum juga dapat ditemukan di toko kelontong atau pedagang kaki lima sebagai sarapan atau camilan sehari-hari.

Festival Dimsum

Baca Juga:Jenis Dimsum Berbagai Isian yang Populer di PasaranBegini Caranya Membuat Dimsum Dibuat di Rumah

Ada festival yang dikenal sebagai “Dimsum Festival” yang diselenggarakan di beberapa tempat di dunia. Festival ini sering kali mencakup demonstrasi memasak, kontes, dan pameran dimsum.

0 Komentar