Jepang Diguncang Gempa Besar yang Memicu Tsunami 2024

Jepang Diguncang Gempa Besar yang Memicu Tsunami 2024
Jepang Diguncang Gempa Besar yang Memicu Tsunami 2024
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Awal tahun baru 2024, Jepang diguncang gempa besar berkekuatan 7,5 skala Richter. Gempa yang terjadi di lepas pantai Prefektur Ishikawa ini dikabarkan dapat memicu tsunami.

Diketahui, gempa besar itu terjadi pada pukul 16.10 waktu setempat dan berlangsung selama kurang lebih 2 menit.

Pusatnya berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Sehingga guncangannya sampai ke seluruh wilayah Jepang, termasuk di Tokyo, Osaka, dan Kyoto.

Baca Juga:3 Selebriti yang Memiliki Hewan Peliharaan Unik3 YouTuber Viral yang Kini Sudah Terlupakan

Jepang Diguncang Gempa Besar yang Memicu Tsunami

Gelombang tsunami setinggi lebih dari 1 meter telah menghantam pantai di sepanjang pesisir Laut Jepang.

Peristiwa gempa dan tsunami itu menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah, termasuk Prefektur Ishikawa, Prefektur Fukui, dan Prefektur Niigata.

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jepang (NDMA), gempa dan tsunami tersebut telah menyebabkan sedikitnya 1.000 orang tewas dan 10.000 orang luka-luka.

Jumlah korban dari peristiwa ini diperkirakan masih akan terus bertambah. Gempa besar itu merupakan salah satu bencana alam paling parah yang pernah terjadi di negeri matahari terbit itu.

Gempa besar itu juga merupakan peringatan bagi dunia bahwa negara tersebut masih rentan terhadap bencana alam, terutama gempa bumi dan tsunami.

Peristiwa tersebut telah menyebabkan sejumlah kerusakan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan bangunan.

Pemerintah juga telah mengerahkan berbagai bentuk bantuan untuk korban peristiwa tersebut, salah satunya mengirim bantuan internasional untuk membantu para korban.

0 Komentar