Lomba Kreasi Baris Berbaris Tingkat SMP dan SMA se-Pulau Jawa Digelar

Lomba Kreasi Baris Berbaris Tingkat SMP dan SMA se-Pulau Jawa Digelar. (dik)
Lomba Kreasi Baris Berbaris Tingkat SMP dan SMA se-Pulau Jawa Digelar. (dik)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Puluhan sekolah tingkat SMP dan SMA se-Pulau Jawa mengikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) The Flutter Games yang diadakan oleh Ekskul Paskibra SMAN 2 Cianjur. Pembukaan kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman, di lapangan sekolah, Rabu (27/12/2023).

Kepala SMAN 2 Cianjur, Haruman Taufik Kartanegara, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh Ekskul Paskibra yang namanya Flutter Games. Kegiatan tersebut semuanya dilaksanakan oleh para siswa mulai dari pencarian sponsor, kemudian ke sekolah sekolah dan seterusnya.

“Sebetulnya untuk di sekolah itu pembelajaran bukan hanya menulis, bukan hanya menghitung, bukan hanya membaca. Justru ini adalah pembelajaran yang sebenarnya,” mata dia kepada Cianjur Ekspres, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga:Libur Nataru 2023, Ribuan Wisatawan Padati Kebun Raya CibodasPengelola Wisata Keluhkan Sulitnya Perizinan Komunitas

Haruman mengungkapkan, dengan adanya kegiatan tersebut para siswa bisa belajar berwirausaha, berorganisasi, belajar memimpin, dan itulah pembelajaran yang sebenarnya.

“Ini justru yang sangat berhasil pembelajaran di lapangan untuk anak-anak. Jadi untuk pembelajaran yang seperti disebutkan tadi memerlukan proses. Dan di sini alhamdulillah sudah jalan dari mulai awal, dari mulai kelas 10, 11, dan 12 dan dilaksanakan rutinitas setiap tahun,” ungkap Haruman.

Haruman mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti oleh para peserta se-Pulau Jawa bahkan ada dari luar pulau seperti dari Medan. Namun sebagian besar peserta beras dari luar Cianjur seperti Karawang, Subang, Bekasi, Bogor, Sukabumi, dan kota lainnya.

“Total peserta ada 41 dari tingkat SMP, 55 SMA, dan purna 24. Kategori lombanya ketangkasan baris berbaris, Lomba variasi baris berbaris (LPBB). Rencana kegiatan Rabu dan Kamis (27-28) Desember,” katanya.

“Dan memang diselenggarakannya pukul 08.00 WIB, beresnya sampai magriban. Jurinya juga dari luar kota, dari Karawang, Depok Bogor, dan dari TNI juga untuk PBBAB nya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengaku bangga dengan SMAN 2 Cianjur yang bisa mengadakan lomba KLBB, yang juga bisa menghadirkan dari pulang Jawa untuk SMP/MTs dan tingkat SMA/SMK.

“Tentunya selain SMAN 2 Cianjur bisa mengadakan, mereka juga bisa melihat wisata di Cianjur. Menginap pasti di Cianjur menambah PAD. Dan yang paling penting adalah memperkenalkan Kabupaten Cianjur di anak-anak remaja SMP maupun SMA,” ungkap Herman.

0 Komentar