Fauna Air Berduka Ikan Pari Jawa Resmi Punah Akibat Manusia

Ikan Pari Jawa
Ikan Pari Jawa
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Dunia ikan berduka kali ini ikan pari Jawa telah resmi punah yang dikabarkan karena ulah dari manusia.

Ikan Pari Jawa punah dan dimasukan kedalam Red List of Threatened Species atau Daftar Merah Species Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Hal ini disampaikan pada KTT iklim COP28 di Dubai oleh Uni Emirat Arab pada awal Desember.

Baca Juga:Keberhasilan Belajar Melalui Tayangan untuk Memahami KonsepRekomendasi Channel Youtube untuk Media Belajar Anak

Ikan pari Jawa ini sangat langka bahkan hanya ada satu spesimen pada 1862 di pasar ikan di Jakarta.

Menurut Craig Hilton Taylor sebagai kepala Unit Daftar Merah IUCN mengatakan bahwa.

“Hilangnya salah satu kerabat ikan pari ini menandai kepunahan pertama spesies ikan laut akibat aktivitas manusia,” katanya.

Faktor utama dari kepunakan ikan pari jawa ini dikarenakan penangkapan ikan secara intensif dan tidak teratur serta ditambah dengan degradasi bahkan hilangnya habitat pesisir akubat industrialisasi.

Sehingga perlu memperhatikan mengenai wilayah, jelajah, populasi, habitat, ancaman, dan tindakan konservasi untuk mengambil keputusan dan perubahan kebijakan terhadap alam.

Keunikan Ikan Pari Jawa

Ikan pari Jawa, atau yang juga dikenal sebagai ikan pari cecak atau ikan pari tikus, memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari jenis ikan lain.

Penting untuk dicatat bahwa keunikan ini mungkin bervariasi antar spesies ikan pari Jawa. Beberapa spesies mungkin memiliki ciri khas yang berbeda sesuai dengan lingkungan dan kebiasaan hidup mereka.

Berikut adalah beberapa ciri khas atau keunikan ikan pari Jawa.

Baca Juga:10 Channel Edukasi Anak, Menonton Sambil BelajarDeretan Film Motivasi Hidup yang Menciptakan Semangat Baru

Bentuk Tubuh

Ikan pari Jawa memiliki bentuk tubuh datar dan bulat seperti cakram, dengan bagian kepala yang lebih lebar dibandingkan dengan ekor. Bentuk ini memungkinkan mereka untuk menyembunyikan diri di dasar perairan dan melindungi diri dari predator.

Ekor Panjang

Ciri khas ikan pari Jawa adalah ekor yang panjang, yang mencuat dari belakang tubuhnya. Ekor ini memberikan daya tolak tambahan ketika ikan pari berenang.

Warna dan Pola

Ikan pari Jawa memiliki pola dan warna yang unik, seringkali dengan bercak-bercak gelap atau garis-garis yang membantu mereka menyamarkan diri di dasar pasir atau lumpur. Pola ini dapat berbeda-beda antarindividu.

0 Komentar