Manfaat dan Bahaya Makan Cokelat bagi Kesehatan Anak

Manfaat dan Bahaya Makan Cokelat bagi Kesehatan Anak
Manfaat dan Bahaya Makan Cokelat bagi Kesehatan Anak
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Tak hanya lezat, makanan yang memiliki rasa yang manis ini membuat anak-anak menyukainya. Ternyata cokelat memiliki ragam manfaat bagi kesehatan anak, namun ingat ada bahaya jika anak mengonsumsi cokelat secara belebihan.

Manfaat makan cokelat bagi kesehatan anak:
  • Meningkatkan fungsi otak

Cokelat mengandung senyawa flavanol yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Flavanol dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Cokelat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Cokelat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Baca Juga:Tak Hanya Lezat , Ini 10 Manfaat Cokelat bagi KesehatanInilah 7 Rekomendasi Film Korea yang Wajib Kalian Tonton

  • Meningkatkan mood

Cokelat mengandung senyawa phenylethylamine yang dapat meningkatkan produksi dopamin, hormon yang berperan dalam rasa senang.

  • Mengontrol nafsu makan

Cokelat mengandung senyawa theobromine yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Cokelat mengandung senyawa flavanol yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Flavanol dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan dalam melawan infeksi.

Ini bahaya makan cokelat bagi kesehatan anak:
  • Kenaikan berat badan

Cokelat mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, cokelat dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

  • Gigi berlubang

Cokelat mengandung gula yang tinggi. Gula dapat menyebabkan gigi berlubang, terutama pada anak-anak yang belum memiliki gigi susu yang kuat.

  • Gangguan tidur

Cokelat mengandung kafein yang dapat mengganggu tidur. Kafein dapat membuat anak sulit tidur atau mengalami tidur yang tidak nyenyak.

  • Alergi

Beberapa anak dapat mengalami alergi terhadap cokelat. Gejala alergi cokelat yang umum meliputi gatal-gatal, ruam, bengkak, dan sesak napas.

Baca Juga:6 Film Natal yang Asik diTonton Ulang di Hari Natal 2023Sinopsis Lengkap Film Drama Korea Death’s Game, Layak diTonton

Cokelat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya pada anak-anak, seperti sakit kepala, mual, muntah, diare dan sembelit.

0 Komentar