Kronologi Ketum PAN Zulfikli Hasan Diduga Lecehkan Agama

Ketum PAN Zulfikli Hasan Diduga Lecehkan Agama
Ketum PAN Zulfikli Hasan Diduga Lecehkan Agama
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Berikut kronologi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulfikli Hasan diduga lecehkan agama dengan membuat lelucon mengenai gerakan salat.

Menteri Perdagangan sekaligus Ketum PAN melakukan blunder terkait leluconnya yang menyangkut gerakan salat, Prabowo dan Anies Baswedan.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam rapat kerja nasional Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

Baca Juga:Terjaring OTT KPK, Harta Gubernur Maluku Utara Capai Rp6 MiliarDaftar Pencarian Google Terbanyak 2023: Seblak Sampai Nadia Omara

Zulhas melontarkan lelucon mengenai gerakan salat hingga bacaan Al-Fatihah yang dibalas dengan gelak tawa oleh para hadirin.

Ketum PAN Zulfikli Hasan Diduga Lecehkan Agama

Adapun lelucon yang dibuat Zulhas terkait pengucapan kata amin setelah pembacaan surat Al-Fatihah dalam setiap rakaat salat. Menurutnya saat ini masyarakat enggan mengucap kata amin karena merujuk pada Capres dan Cawapres nomor urut 1, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Baca Al-Fatihah Walad Dhollin ada yang diam sekarang pak, saking cintanya sama Pak Prabowo,” kelakar Zuhas.

Tak hanya itu, Zulhas juga menyinggung gerakan salat lain yakni tahiyat akhir yang mengacungkan jari telunjuk ke arah depan.

Namun, Zulhas justru mengolok-olok menjadi gerakan dua jari sebagai dukungan kepada paslon nomor 2.

“Itu kalau tahiyat akhir kan (satu) pak, sekarang maunya dua jari,” kelakarnya.

Respon Ketua Fraksi PAN

Menyikapi pernyataan Zulfikli Hasan, Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay memberikan klarifikasi.

Baca Juga:Akun Instagram Ketua BEM UI Melki Sedek Huang Digeruduk NetizenKetua BEM UI Mundur dari Jabatan, Begini Isi Aturannya!

Menurutnya jika video tersebut diikuti secara keseluruhan, dapat dipahami bahwa Zulhas ingin mengajak semua pihak untuk menjaga agar pilpres tetap teduh, tertib, aman, dan damai. Ia menegaskan tidak ada sedikit pun maksud untuk melecehkan agama.

“Bang Zulhas itu kan memberi contoh agar mudah dipahami masyarakat. Nah, yang gampang diingat mungkin ya pada akhir bacaan surat Al-Fatihah. Termasuk gerakan jari pada saat tahiyat. Dalam konteks ini, bang Zulhas mengingatkan bahwa tarikan politik begitu luar biasa. Dia khawatir, umat terpecah,” ujar Saleh dalam keterangannyan, dikutip Rabu (20/12/2023).

Saleh justru menyayangkan ada pihak-pihak yang memotong video tersebut. Sehingga muncul kesan Zulfikli Hasan melakukan penistaan agama.

Demikian informasi mengenai kronologi Ketum PAN Zulfikli Hasan diduga lecehkan agama.***

0 Komentar