Profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub yang Terjaring OTT KPK

Profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub
Profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Simak berikut profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub yang terjaring dalam gelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK, Senin (18/12/2023) kemarin.

Selain Abdul Gani Kasub, KPK juga menangkap 14 orang lain yang diduga melakukan korupsi jual beli jabatan hingga proyek pengadaan barang dan jasa.

Lantas seperti apa profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub?

Profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub

Abdul Gani Kasuba lahir di Bibinoi (sekarang Halmahera Selatan), Maluku Utara, pada tanggal 21 Desember 1951. Pada masa remajanya, Abdul Gani menghabiskan masa pendidikannya di Yayasan Al-Khairat di Palu, Sulawesi Tengah.

Baca Juga:19 Desember Tanggal Keramat The Jakmania, Intip Sejarahnya!Daftar 10 Negara Paling Banyak Dicari di Google 2023, Ada Indonesia?

Dengan merinci latar belakang pendidikannya, dapat diketahui bahwa Abd Gani Kasuba adalah seorang yang memiliki pemahaman yang baik terhadap agama. Ia menempuh pendidikan di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Khairat dan melanjutkan ke jenjang SMA di Madrasah Mualimin Al-Khairat.

Setelah itu, ia melanjutkan studi di pendidikan tinggi Fakultas Dakwah Universitas Islam Madinah.

Setelah kembali ke Indonesia, Abdul Gani memilih berbakti di Yayasan Al-Khairat, menempati posisi kepala inspeksi. Tidak hanya itu, tetapi ia juga aktif mendirikan sekolah-sekolah dari Maluku Utara hingga Papua. Antara tahun 1994 hingga 1999, Abdul Gani Kasuba pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Majlis Ulama Maluku Utara.

Abdul Gani Kasuba memulai karir politiknya pada tahun 2004 dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari PKS. Pada saat itu, ia berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI. Hanya setahun setelahnya, Abdul Gani dipilih sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara, mendampingi Thaib Armaiyn.

Pada tahun 2013, ia kemudian mencalonkan diri sebagai Gubernur Maluku Utara berpasangan dengan Natsir Thaib, dan berhasil menjabat sebagai Gubernur selama periode 2014-2019.

Pada Pilkada berikutnya, Abdul Gani kembali mencalonkan diri sebagai petahana, kali ini berpasangan dengan mantan Bupati Halmahera Tengah, Al Yasin Ali. Pasangan ini berhasil memenangkan pemilihan setelah melalui sidang perselisihan Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) dan kemudian menjabat dalam periode 2019-2024.

Demikian informasi mengenai profil Gubernur Maluku Abdul Gani Kasub.***

0 Komentar