Pemkab Cianjur Raih Penghargaan Peduli HAM

Pemkab Cianjur Raih Penghargaan Peduli HAM
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022 dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya dan diterima Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan di Kantor Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Bandung, Selasa (19/12/2023).

Penetapan Kabupaten Cianjur Peduli HAM tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Hukum Dan HAM RI Nomor M.HH-03.HA.02.01.01 Tahun 2023 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2022 dalam Rangkaian Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 Tahun 2023.

Baca Juga:Gandeng UMKM, BRI Cianjur Gelar Pesta Rakyat Simpedes 2023TKD Optimistis Cianjur Menjadi Bagian Raihan Suara 60 Persen di Jabar

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan, mengaku bersyukur dengan diraihnya penghargaan tersebut yang menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Cianjur sangat peduli terhadap pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Alhamdulillah, Cianjur masuk dalam lima besar sebagai Kabupaten Peduli HAM di Jawa Barat,” katanya kepada Cianjur Ekspres.

Irfan mengungkapkan, terdapat 10 indikator penilaian kriteria kabupaten/kota Peduli HAM. Diantaranya, Hak atas bantuan hukum, Hak atas informasi, Hak turut serta dalam pemerintahan, Hak atas keberagaman dan pluralisme, Hak atas kependudukan, Hak atas kesehatan, Hak atas pekerjaan, Hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, dan Hak perempuan dan anak.

“Pemerintah Kabupaten Cianjur di bawah kepemimpinan Pak Bupati Herman Suherman sangat peduli terhadap hak azasi manusia masyarakat Cianjur dari mulai kesehatan, pendidikan, perlindungan terhadap perempuan dan anak, termasuk dalam penanganan gempa memperhatikan hak-hak para korban dan banyak indikator lainnya,” katanya.

“Ini penghargaan yang kedelapan berturut-turut, InsyaAllah ke depan bisa masuk lima besar nasional,” sambung Irfan.(hyt)

0 Komentar