Respon TNI dan Bawaslu Soal Ajudan Prabowo Mayor Teddy Hadiri Debat Capres

Respon Bawaslu Soal Mayor Teddy di Debat Capres
Respon Bawaslu Soal Mayor Teddy di Debat Capres
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Berikut tanggapan  TNI dan Bawaslu soal mayor Teddy yang tampak hadir saat debat perdana calon presiden (capres) 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat pada 12 Desember 2023.

Dalam debat perdana capres itu, Teddy tampak mengenakan baju berwarna biru langit, warna seragam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Duduk di barisan TKN atau pendukung Prabowo dan Gibran, foto dan video Perwira Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD itu beredar luas di media sosial.

Baca Juga:Rekam Jejak 11 Panelis Debat Cawapres 22 Desember MendatangPerkara Helm KYT Nekat Bakar Ijazah, Harganya Ternyata Segini!

Respon Bawaslu Soal Mayor Teddy

Menanggapi adanya kegaduhan mengenai kehadiran Mayor Teddy, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, pihaknya tengah mengkaji dugaan pelanggaran netralitas prajurit aktif TNI terkait kehadiran Mayor Teddy tersebut.

Hasil kajian Bawaslu nantinya akan disampaikan kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto untuk ditindaklanjuti. “Kami sampaikan ke Panglima TNI untuk tindak lanjut jika terdapat dugaan pelanggaran terhadap netralitas TNI, karena itu berkaitan dengan netralitas TNI,” ujar Bagja.

Bagja menegaskan, Bawaslu hanya bersifat menyampaikan dugaan dan rekomendasi pelanggaran netralitas TNI oleh Teddy.

TNI Menyebut Tidak Ada Pelanggaran

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono mengatakan Teddy berada di sana bukan dalam rangka mendukung paslon tertentu. Dia sedang menjalankan tugas sebagai ajudan Menhan Prabowo Subianto.

“Dia hanya ajudan yang mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi,” kata Julius pada Minggu (17/12).

Sebagaimana diketahui Prabowo maju sebagai calon presiden tanpa mundur dari jabatannya sebagai Menhan. Ketua Umum Partai Gerindra itu memilih cuti saat melakukan kegiatan politik atau kampanye.

Sementara itu soal pakaian Teddy, Julius menyebut tidak mungkin untuk memakai baju TNI.

Baca Juga:Heboh TNI Aktif Terlibat Timses, Ini Aturan Netralitas Pada Pemilu 2024Profil Mayor Teddy TNI Aktif yang Jadi Kontroversi, Pendukung Prabowo?

“Kalau misalkan dia pakai seragam TNI apa yang terjadi?” ujar Julius.

Julius memastikan Teddy hadir di KPU malam itu bukan untuk berpolitik.

“Seperti saya tulis di atas, kehadirannya tidak mewakili institusi TNI atau pribadi yang ikut berpolitik, yang bersangkutan hanya memposisikan dirinya sebagai ajudan, tidak lebih,” pungkasnya.

Demikian informasi mengenai tanggapan  TNI dan Bawaslu soal mayor Teddy yang tampak hadir saat debat perdana calon presiden (capres) 2024.***

0 Komentar