Pemkab Cianjur Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

Pemkab Cianjur Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Pemerintah Kabupaten Cianjur menggelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 di Hotel Indo Alam, Kecamatan Cipanas, Rabu (13/12).

Bupati Cianjur, Herman Suherman yang membuka langsung kegiatan tersebut, mengatakan, bahwa perencanaan pembangunan itu sendiri pada prinsipnya merupakan kegiatan sinergitas berbagai kepentingan dari stakeholder atau pelaku pembangunan daerah yang digolongkan menjadi 3 (tiga) domain. Yaitu lembaga pemerintahan terdiri dari eksekutif dan legislatif, swasta yakni pelaku dunia usaha serta masyarakat.

“Penyusunan RPJPD Kabupaten Cianjur Tahun 2025-2045, seyogyanya Diarahkan sebagai upaya mendukung dalam mewujudkan negara tangguh, mandiri dan inklusif di Tahun 2045. Pembangunan 20 tahun ke depan diharapkan dapat mendorong Indonesia bertransformasi menuju peradaban masyarakat yang modern dan sejahtera untuk Indonesia Emas 2045 sebagai negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan,” katanya dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:Prabowo Tunjukkan Keberpihakan ke Petani di Debat Pertama Pilpres 2024, Gempita: Terima KasihCianjur Diguncang Gempa, Getarannya Bikin Warga Panik, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut Herman, dokumen RPJPD Kabupaten Cianjur Tahun 2025-2045 akan menjadi arah atau pedoman bagi kepala daerah dalam merumuskan visi dan misi serta arah kebijakan yang dituangkan dalam dokumen RPJPD selama empat periode dokumen RPJMD.

“Momentum penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik RPJPD ini merupakan kesempatan yang baik dan penting untuk memberikan kontribusi dan buah pemikiran yang visioner dalam merumuskan kebijakan-kebijakan pembangunan daerah yang strategis selama 20 tahun ke depan,” jelasnya.

Herman pun berharap, dengan Forum Konsultasi Publik RPJPD adanya masukan dan saran buah dari pemikiran seluruh peserta yang hadir guna menyempurnakan rancangan awal RPJPD Kabupaten Cianjur Tahun 2025-2045.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep S. Alamsyah menyampaikan bahwa terdapat beberapa isu strategis RPJPD Kabupaten Cianjur Tahun 2025-2045.

Meliputi, kualitas dan daya saing sumber daya manusia, ketahanan dan ketersediaan pangan yang berkelanjutan, transformasi dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, ekosistem pariwisata berkelanjutan, kemiskinan, pemberdayaan dan perlindungan sosial masyarakat, Infrastruktur Dasar dan Konektivitas Wilayah, Kualitas Lingkungan Hidup, Ketahanan Daerah Dalam Penanggulangan Bencana dan Kualitas Tata Kelola dan Layanan Pemerintahan Serta Reformasi Birokrasi Hulu dan Hilir.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Cianjur, Dedi Supriadi, mengatakan, bahwa Penyusunan RPJPD Kabupaten Cianajur Tahun 2025-2045 dilakukan melalui berbagai tahapan dialog sektoral maupun lintas sektor yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

0 Komentar