Malam Ini! Debat Capres tayang di Stasiun TV, Begini Alur dan Teknisnya!

Debat capres tayang di staisun TV
Debat capres tayang di staisun TV
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Debat Capres tayang di stasiun televisi pada Selasa (12/12/2023) pukul 19.00 WIB. Debat perdana itu akan digelar di kantor KPU RI Jakarta Pusat.

Tema yang diangkat dalam debat ini meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Sementara itu format yang diusung adalah format town hall meeting atau town hall. Nantinya para kontestan akan berdebat di tengah panggung yang dikelilingi penonton.

Baca Juga:Kenapa Pengungsi Rohingya Ditolak Warga Aceh?Joget Gemoy Prabowo Tuai Kritik: Soekarno Juga Suka Kok!

Debat Capres Tayang di Stasiun TV

Sebagaimana diumumkan sebelumnya, debat capres akan digelar sebanyak lima kali, mulai Desember 2023 hingga Februari 2024. Adapun debat Pilpres 2024 pertama direncanakan berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023.

Debat capres perdana akan disiarkan melalui stasiun TV dan radio.

Disebutkan oleh Komisioner KPU RI August Mellaz, berikut daftar stasiun TV dan radio yang menyiarkan debat capres-cawapres 2024:

Debat Pertama: TVRI dan RRI
Debat Kedua: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV
Debat Ketiga: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV
Debat Keempat: SCTV, Indosiar, dan MetroTV
Debat Kelima: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Debat Capres Terbagi 6 Segmen

Debat capres akan berlangsung dalam enam segmen dengan durasi 150 menit.

Dari enam segmen itu, capres bisa saling menyanggah dalam empat segmen.

Di segmen 1, ada kesempatan setiap capres menyampaikan visi misi dan program kerja. Durasi di segmen ini masing-masing capres diberi kesempatan 4 menit.

Kemudian, segmen dua dan tiga ada sesi pendalaman visi misi dan program kerja. Di sesi ini, ada pertanyaan yang diajukan moderator. Kemudian, para capres nanti akan punya kesempatan menjawab selama dua menit.

Baca Juga:Prewedding Adiba dan Egy: Romantis Tapi Syar’i, Boleh Ditiru Nih!Inspirasi Gaun Pengantin Adiba Khanza Rancangan Ivan Gunawan

Lalu pada segmen 4 dan 5, akan ada tanya jawab dan interaksi antar capres. Masing-masing kandidat diberi kesempatan saling menanggapi.

Selanjutnya, di segmen 6 merupakan penutup. Di sesi ini, setiap capres akan diberi kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Adapun sudah ada 11 panelis yang dipilih dan menandatangani pakta integritas untuk debat perdana. Para panelis itu yang menyusun soal. Untuk menjaga profesionalitasnya, para panelis juga sudah dikarantina sejak beberapa hari lalu. Lalu, moderator debat perdana yaitu duet Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

0 Komentar