5 Cara yang Dapat Membantu Mengendalikan Emosi, Agar Lebih Rileks

5 Cara yang Dapat Membantu Mengendalikan Emosi, Agar Lebih Rileks
5 Cara yang Dapat Membantu Mengendalikan Emosi, Agar Lebih Rileks
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Mengendalikan emosi merupakan sebuah kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Emosi yang tidak terkontrol dapat berdampak negatif pada hubungan interpersonal, pekerjaan, hingga kesehatan mental seseorang.

Inilah 5 cara yang dapat membantu untuk mengendalikan emosi:

1. Mengenali Pemicu Emosi

Langkah pertama untuk mengendalikan emosi adalah dengan mengenali apa yang memicu emosi itu terjadi. Apakah itu situasi tertentu, orang tertentu, atau pikiran tertentu? Setelah kamu mengetahui pemicu itu, kita dapat memulai mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya atau mengatasinya dengan cara yang lebih sehat.

2. Ambil Nafas

Baca Juga:1 Desember Memperingati Hari AIDS Sedunia, Ini Tujuan dan SejarahnyaPerjalanan Karier Kiki Fatmala, Bintang Sinetron hingga Film Layar Lebar

Cobalah untuk mengambil beberapa napas dalam-dalam. Bernapas dalam-dalam dapat membantu menenangkan sistem saraf Anda dan membuat Anda merasa lebih rileks.

3. Alihkan Pikiran

Selanjutnya, cobalah untuk mengalihkan pikiran kita ke sesuatu yang lain. Dari mulai aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau jogging, atau kegiatan relaksasi, seperti yoga atau meditasi.

4. Curhat

Berbicara tentang masalah dengan seseorang terdekat contohnya seperti sahabat atau keluarga yang dapat membantu kita untuk meluapkan dan melepaskan emosi.

5. Hubungi Orang Ahli

Jika kita masih mengalami kesulitan mengendalikan emosi sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Seorang terapis dapat membantu kita dalam mengatasi masalah tersebut dengan itu kita dapat mengembangkan keterampilan koping yang lebih sehat dan mengatasi masalah mendasar yang mungkin memicu emosi yang kita alami.

0 Komentar