Berakhir Sebulan Lagi, P3DW Samsat Cianjur Imbau Warga Segera Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan

Berakhir Sebulan Lagi, P3DW Samsat Cianjur Imbau Warga Segera Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tinggal sebulan lagi sebelum berakhir pada 16 Desember 2023. Warga Jawa Barat, khususnya Cianjur diimbau untuk segera memanfaatkan program tersebut.

Kepala Pusat Pelayanan Penyelenggaraan Administrasi dan Pengembangan Data Wilayah (P3DW) Samsat Cianjur, Irvan Niko Firmansyah, berharap, masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membayar pajak kendaraan sebelum program pemutihan berakhir.

Menurutnya, program ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi warga dalam membayar pajak, tetapi juga memberikan insentif yang signifikan untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak di masyarakat. Selain bebas denda, bebas BBN, dan diskon, Pemprov Jabar memberikan insentif tambahan bagi pembayaran pajak kendaraan di Alfamart dengan bonus 1 kemasan minuman segar.

Baca Juga:PTUN Bandung Tolak Gugatan Mantan Kades Cidamar Terhadap Bupati CianjurBhumandala Award 2023: Pemkab Cianjur Raih Penghargaan Juara III Nama Rupabumi

“Bonus seperti voucher BBM dan minuman segar merupakan bentuk apresiasi kami kepada masyarakat yang patuh dalam membayar pajak, baik melalui pembayaran di Alfamart maupun secara online melalui aplikasi Sambara,” kata Irvan.

Dia menegaskan, program ini merupakan langkah strategis Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk optimalisasi peningkatan pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor.

“Dengan adanya kemudahan pembayaran pajak secara digital, kami berharap dapat meningkatkan efisiensi dan keterlibatan masyarakat dalam mendukung pembangunan di daerah ini,” tutur Irvan.

Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat diharapkan dapat kembali ke mereka melalui pembangunan yang meningkatkan kesejahteraan. Di Samsat Cianjur, pada tahun 2023, terjadi peningkatan pendapatan hingga mencapai hampir 90% dari target pajak.

“Kami mengapresiasi kesadaran membayar pajak masyarakat Cianjur yang sudah mulai meningkat. Ini tercermin dari menurunnya jumlah KTMDU baru yang belum membayar pajak sekitar 4.000,” ungkap Irvan.

Upaya ini merupakan hasil kolaborasi seluruh pihak di Kabupaten Cianjur. “Harapannya, hingga akhir tahun, capaian pendapatan dapat mencapai maksimal sehingga dana bagi hasil ke Kabupaten Cianjur dapat terealisasi sesuai target dan bahkan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Irvan.(hyt)

0 Komentar