‘November Rain’, Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia!

Waspada cuaca ekstrem di Indonesia
Waspada cuaca ekstrem di Indonesia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya potensi cuaca ekstrem pada pancaroba di beberapa wilayah Indonesia.

Ini disebabkan oleh keragaman arah angin yang sangat bervariasi, yang dapat menyebabkan perubahan cuaca yang mendadak, termasuk perubahan dari cuaca panas menjadi hujan atau sebaliknya.

“Hai #SobatBMKG, tetap waspada cuaca ekstrem selama periode peralihan (pancaroba) ya. Selama pancaroba ini, cuaca bisa berubah secara tiba-tiba dari panas ke hujan ataupun sebaliknya. Yuk kenali apa itu masa pancaroba dan bagaimana mitigasinya!” dikutip dari Instagram @infobmkg pada Jumat, 3 November 2023.

Baca Juga:Tanpa Rangka eSAF, Honda Beat 2024 Punya Spesifikasi Lebih AndalJadwal Final Hylo Open 2023 Apriyani Rahayu/Siti Fadia dan Rehan Naufal/Lisa Ayudi

Kemudian berdasarkan informasi yang dihimpun BMKG, Wilayah yang mulai hujan pada November mencakup 255 zona musim (ZOM) atau 36,5 persen. Yakni, Sumatra Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali;

Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia

Pada saat musim pancaroba seperti sekarang, ada beberapa potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi. Pancaroba sendiri adalah periode peralihan dari musim ke marau ke musin hujan atau sebaliknya.

Salah satu tandanya ialah pertumbuhan awan Cumulonimbus (CB), dengan ciri sebagai berikut:

  • Muncul di saat pagi menjelang siang.
  • Berbentuk seperti bunga kol.
  • Memiliki warna yang keabu-abuan dengan tepian yang jelas.
  • Saat menjelang sore, awan CB menjadi gelap dan menyebabkan hujan, petir, dan angin.

Kemudian, biasanya hujan pada musim pancaroba terjadi pada siang atau sore dan bahkan sesekali terjadi pada malam hari. Beberapa potensi cuaca esktrem yang terjadi seperti:

  • Hujan lebat durasi singkat dan sporadis
  • Hujan lebat disertai petir dan angin kencang
  • Puting beliung
  • Hujan es.

Tips Hadapi Cuaca Ekstrem

  1. Pantau perkiraan cuaca: Selalu periksa perkiraan cuaca dan peringatan cuaca yang diberikan oleh otoritas terkait. Ini akan membantu Anda untuk lebih siap menghadapi cuaca ekstrem yang mungkin datang.
  2. Persiapan sebelumnya: Pastikan Anda memiliki persediaan makanan, air, obat-obatan, dan perlengkapan darurat yang cukup jika cuaca ekstrem menyebabkan gangguan pasokan.
  3. Rencanakan evakuasi: Jika Anda tinggal di daerah yang rentan terhadap cuaca ekstrem, buat rencana evakuasi dan ketahui jalur evakuasi yang aman.
  4. Lindungi diri Anda: Saat cuaca ekstrem seperti badai atau gelombang panas, lindungi diri Anda dengan memakai pakaian yang sesuai, gunakan pelindung matahari, atau selalu ada perlindungan dari cuaca dingin seperti mantel atau pakaian hangat.
  5. Kesehatan dan keselamatan: Jaga kesehatan Anda dengan minum air yang cukup, menghindari paparan berlebihan terhadap suhu ekstrem, dan menghindari aktivitas fisik berat saat cuaca sangat panas.
  6. Kendaraan: Saat cuaca ekstrem, periksa kendaraan Anda dan pastikan mereka dalam kondisi baik. Selalu ada peralatan darurat di mobil, seperti senter, alat pertolongan pertama, dan ban serep.
  7. Hubungi orang terdekat: Selalu informasikan kepada orang terdekat tentang rencana Anda dan berikan informasi kontak darurat jika Anda perlu bantuan.
  8. Ikuti petunjuk resmi: Ikuti petunjuk dan perintah resmi dari pihak berwenang selama cuaca ekstrem. Ini termasuk perintah evakuasi atau saran perlindungan.
  9. Simpan dokumen penting: Pastikan dokumen penting seperti paspor, kartu identitas, dan asuransi tersimpan di tempat yang aman dan mudah diakses dalam kondisi darurat.
  10. Tetap tenang: Selalu tetap tenang dan berpikir jernih saat menghadapi cuaca ekstrem. Panik hanya akan mempersulit situasi.
0 Komentar