Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Cianjur, Ini Imbauan Dinkes

Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Cianjur, Ini Imbauan Dinkes
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan, sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus cacar monyet di Cianjur.

“Kalau laporan belum ada, untuk kasus kita belum,” ujarnya kepada Cianjur Ekspres di ruang kerjanya, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga:15 Puskemas di Cianjur Sudah Terakreditasi Utama dan ParipurnaDisdikpora Sebut Perbaikan Bangunan SMP Rusak Berat di Cianjur Selatan Jadi Prioritas di 2024

Meski belum ditemukan kasus cacar monyet, Yusman tetap mengimbau masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan. Seperti cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak ketika berada di kerumunan serta lainnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur bahkan sudah mengeluarkan surat edaran yang menginstruksikan seluruh puskesmas agar membuat laporan per minggu khususnya terkait kasus monkeypox.

“Sehingga kita akan melihat di dalam grafik itu trennya seperti apa. Kalau misalkan tidak ada kasus atau nol, tidak boleh dikosongkan. Jadi harus ada tertulis tidak ada kasus,” kata Yusman.

Di sisi lain, Yusman menegaskan terus berkoordinasi dengan rumah sakit sebagai antisipasi jika ada ditemukan kasus cacar monyet terkait dengan menyiapkan fasilitas kesehatannya.

“Misalkan ruang isolasi, kemudian juga laboratorium penunjang pemeriksaan spesimen, dahak ataupun yang lainnya. Termasuk terkait indikasi-indikasi yang harus di rujuk dan juga observasi mandiri,” paparnya.

Dia menjelaskan, bahwa gejala cacar monyet sama saja dengan penyakit infeksi lainnya. Namun ada ciri khas, yakni gelembung berisi cairan yang jika dipecahkan bisa dalam.

“Masyarakat kalau sudah tertular harus tahu gelembung itu tidak boleh dipecahkan,” kata Yusman.

Baca Juga:Polisi Selidiki Video Viral Pria Diduga Masturbasi di Jalan Siliwangi CianjurRevisi Perda RTRW Cianjur Sudah Masuk Tahap Pleno Persetujuan Provinsi

Menurutnya, cacar monyet ini sejenis virus yang memang dapat ditularkan secara langsung melalui udara atau bersentuhan dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi

Lebih lanjut Yusman menjelaskan, monkeypox ini sejenis virus yang memang dapat ditularkan secara langsung melalui udara atau bersentuhan dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi.

“Virus monkeypox yang jelas awalnya dari binatang ke manusia, ini kita sebut penyebarannya Zoonosis dari binatang infeksi ke manusia,” pungkasnya.(hyt)

0 Komentar