Cara Menangani Anak Tantrum yang Paling Efektif

Anak Tantrum
Anak Tantrum
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Saat anak tantrum tidak akan mengenal waktu dan tempat apalagi jika di tempat umum bisa menyebabkan kepanikan pada orang yang bersama anak itu, namun hal itu bisa dikurangi dengan melakukan hal-hal kecil ini untuk menangani anak tantrum.

Mengenal anak lebih dalam dan mencari pendekatan yang paling efektif untuk menangani tantrum mereka.

Juga, berbicaralah dengan dokter atau konselor anak jika Anda merasa tantrum anak Anda terlalu sering atau mengkhawatirkan.

Baca Juga:Begini Pola Asuh pada Anak ala Rasulullah5 Zodiak dengan Karakter Paling Cerewet

Menangani anak tantrum bisa menjadi pengalaman yang menantang bagi orangtua atau pengasuh. Karena saat anak tantrum berbagai hal bisa terjadi dan kebanyakan menimbulkan kepanikan pada seseorang yang sedang bersama anak tersebut.

Tantrum adalah respons emosional yang kuat pada kekecewaan atau frustrasi yang muncul pada anak-anak, terutama pada usia prasekolah.

Berikut beberapa cara yang bisa membantu menangani anak tantrum.

Cara Menangani Anak Tantrum

Tetap Tenang

Hal yang pertama harus dilakukan adalah bersikap tenang, karena dengan tetap tenang dan sabar akan memberikan nuansa bagi anak untuk bisa dikendalikan orangtuanya, tidak boleh merasa kesal atau marah, karena emosi yang dapat memengaruhi suasana hati anak.

Berikan Perhatian

Berikan perhatian pada anak mendengarkan apa yang membuat merekan frustasi dan terjadi tantrum, dengan mendengarkan dan mengungkapkan empati bisa membantu meredakan emosi mereka.

Jangan Membiarkan

Tidak boleh membiarkan anak tantrum karena dengan membiarkan seperti itu ditakutkan akan merusak hal disekitarnya atau bahkan mencelakai dirinya.

Pastikan anak tetap aman dan tidak melukai dirinya atau orang lain, selain itu perlu diperhatikan bagaimana dia tantrum karena jika berlebihan mungkin perlu penanganan dokter ahli.

Bicarakan Aturan dan Harapan

Komunikasikan harapan orangtua pada anak sebelum situasi yang memicu tantrum muncul. Berbicaralah tentang cara mengatasi emosi dengan kata-kata dan tindakan yang positif.

Berikan Pilihan

Baca Juga:Tempat Horor di Cianjur Terowongan Lampegan Penuh Misteri5 Misteri Gunung Arjuno Bikin Merinding

Kadang-kadang, memberikan pilihan kepada anak dalam situasi tertentu bisa membantu mereka merasa lebih berkontrol. Misalnya, “Apakah Anda ingin memakai baju merah atau biru?”

Berikan Waktu Istirahat

Jika tantrum berlangsung lama dan susah di hentikan beri anak waktu dan ruang sendiri untuk meredakan emosinya agar lebih tenang dan bisa memahami apa yang orangtuanya katakan.

0 Komentar