Alasan Anak Muda Terkena Penderita Diabetes Melitus

Apakah Diabetes Pada Anak Bisa Sembuh
Apakah Diabetes Pada Anak Bisa Sembuh
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tidak bisa menjaga hidup sehat, anak muda lebih rentan terkena penyakit diabetes. Beberapa penyebabnya, karena banyaknya konsumsi makanan manis dan cepat saji.

Perlu diketahui, dengan mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin meningkat. Maka tidak heran jika di usia muda menjadi lebih mudah terkena penyakit diabetes.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Mitra Keluarga Bintaro, dr Eva Carolina, jika resistensi insulin meningkat maka tubuh tidak mampu memproses kelebihan gula secara efektif.

Baca Juga:Konsumsi Buah Ini untuk Cegah DiabetesPDI-P Berduka, Gembong Warsono Meninggal Karena Serangan Jantung

“Jika kadar gula darah mau tidak mau meningkat akan menyebabkan diabetes tipe 2,” ucap dr Eva.

Kata dr Eva, selain pola makan faktor usia, berat badan, genetika, dan gaya hidup memiliki peran dalam berkembangnya penyakit diabetes.
Tipe-tipe Penyakit Diabetes
Ada tiga tipe umum penyakit diabetes:

Diabetes Tipe 1

Diabetes autoimun atau diabetes awal diamati pada anak-anak/ remaja. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Penderita diabetes tipe 1 biasanya memerlukan suntikan insulin sepanjang hidup mereka.

Diabetes Tipe 2

Diabetes yang paling umum dan biasanya terjadi pada usia dewasa. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi dengan efektif. Faktor risiko yang berhubungan dengan diabetes tipe 2 meliputi obesitas, gaya hidup tidak sehat, riwayat keluarga, dan kurangnya aktivitas fisik.

Diabetes Gestasional

Terjadi pada wanita hamil dan biasanya berkembang di trimester kedua atau ketiga kehamilan. Meskipun diabetes gestasional biasanya hilang setelah melahirkan, wanita yang mengalaminya memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Faktor risiko termasuk obesitas, riwayat keluarga diabetes, dan kehamilan sebelumnya dengan diabetes gestasional.

Selain ketiga tipe utama ini, ada juga beberapa jenis diabetes lainnya yang lebih jarang terjadi, seperti diabetes monogenik yang disebabkan oleh kerusakan genetik tunggal, diabetes penyakit pankreas, diabetes induksi steroid, dan lain-lain. Penting untuk mengenali tanda-tanda dan gejala diabetes dan berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengelolaan yang tepat.
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Bagi Penderita Diabetes

0 Komentar