Soal TikTok Shop, Jokowi: Media Sosial, Bukan Media Ekonomi

Presiden Jokowi buka suara soal TikTok Shop (Foto: picswallpaper)
Presiden Jokowi buka suara soal TikTok Shop (Foto: picswallpaper)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal ramainya permasalahan TikTok Shop yang dianggap berdampak negatif terhadap sektor UMKM Indonesia.

Menurutnya platform TikTok tidak seharusnya merambah ke sektor niaga, “TikTok itu media sosial, bukan media ekonomi,” ujarnya di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023).

Dirinya menilai jika adanya fitur tersebut membuat anjlok pasar tradisional, oleh sebab itu pemerintah telah mengatur strategi dan menyiapkan aturan untuk mengendalikan e-commerce berbasis media sosial.

Baca Juga:Syarat, Cara dan Jadwal Pendaftaran CASN 2023 Kabupaten CianjurDaftar Formasi PPPK 2023 di Kabupaten Cianjur, Cek Disini!

Nantinya regulasi tersebut akan kan mengatur kegunaan TikTok sebagai media sosial, bukan platform perdagangan atau media ekonomi.

Sebelumnya, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim mengatakan, akan mengatur secara detail aktivitas bisnis TikTok.

“Hal itu kami masukkan pada revisi Permendag Nomor 50/2020,” ujarnta.

Regulasi tersebut berisi ketentuan perizinan usaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik.

Menurut Isy, pihak Kemendag tidak melarang TikTok Shop di Indonesia tetapi akan mengatur kegiatan bisnisnya.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Outfit Nyentrik Putri Ariani yang Viral di TikTok! 

Respon Masyarakat Soal Penghapusan TikTok Shop

Meski banyak yang berpandangan jika fitur tersebut merugikan, sejumlah masyarakat justru menilai dengan baik keberadaan TikTok Shop, karena banyak memberikan manfaat.

Mereka juga berpendapat jika platform tersebut sudah banyak membantu kegiatan ekonomi bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Baca Juga:Spesifikasi Vespa New PX 150 yang Harganya Tembus Rp60 JutaanJadi Primadona! Ini 4 Kekurangan Motor Listrik Meski Laku di Pasaran

“Kenapa cuma tiktok shop yg diancam ditutup? Jdi curiga e-commerce saingannya yang punya kepentingan disini,” kata akun twitter @ilh*****

“harusnya bkn tiktok shop yg ditutup, tp artis yg tenar itu dipajak tinggi biar yg kecil dan baru mulai bisa bersaing. Artis mah ikut2an anget doang, klo udh males jg mrk cari yg viral baru lagi,” sahut akun @mi*****

0 Komentar