Setengah Hektar Lahan Perkebunan Karet di Cibeber Cianjur Kebakaran

Setengah Hektar Lahan Perkebunan Karet di Cibeber Cianjur Kebakaran
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kebun karet PT Pasir Kalapa di Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber pada (22/9/2023).

Dari informasi yang dihimpun Cianjur Ekspres, api pertama kali terlihat di petak 7 kawasan perkebunan dan melebar hingga ke petak 3 yang dekat dengan pemukiman.

Karyawan PT Pasir Kalapa, Pian (65) mengatakan tak mengetahui apa penyebab terbakarnya lahan tersebut. “Api pertama kalau terlihat sekitar pukul 13.00 WIB. Belum tahu apa penyebabnya,” ungkap Pian di lokasi kebakaran.

Baca Juga:Tiga Parpol Koalisi Perubahan di Cianjur Bertemu, NasDem: Sepakat Bentuk Tim KecilPerumdam Tirta Mukti Cianjur Pastikan Enam Hydrant di Wilayah Kota Berfungsi

Pihak TNI dan Polri dibantu warga, berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya di titik kobaran api yang dekat dengan pemukiman.

“Polisi, TNI, dan warga sedang berusaha memadamkan api yang mendekat ke arah pemukiman. Kita pakai dahan untuk memukul api sampai padam,” ujarnya.

Kapolsek Cibeber, Kompol Nana Suryadi mengatakan, kebakaran terjadi di area perkebunan milik perorangan. Saat menerima laporan adanya karhutla, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran.

“Namun ternyata lokasi kebakaran tidak bisa diakses mobil pemadam. Akhirnya kita bersama TNI dan warga berusaha memadamkan api manual dengan alat seadanya,” kata Nana saat ditemui.

Untuk menghentikan rembetan api, pihaknya membuat kanal pemutus api dengan memotong semak kering dengan lebar kurang lebih satu meter.

“Alhamdulillah, pada sekitar pukul 17.00 WIB api berhasil dipadamkan,” kata dia.(Riekzan/hyt)

0 Komentar