50 Narapidana ‘Titipan’ Kembali ke Lapas Klas II B

50 Narapidana 'Titipan' Kembali ke Lapas Klas II B
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Lapas Klas II B Cianjur menjemput 50 narapidana yang sempat dititipkan ke Lapas Klas II B Warungkiara akibat gempa 5,6 magnitudo pada 21 November 2022 silam.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KaKPLP) Lapas Klas II B Cianjur, Nurzaman mengungkapkan, jika sebelum penjemputan yang dilakukan pada Selasa (19/9/2023) lalu, pihaknya sudah bebrapa kali dilakukan.

“Jadi ini kali kedua kita jemput narapidana dari Lapas Warungkiara. Pascagempa 21 November tahun lalu kan kita evakuasi ratusan napi ke dua lapas yang ada di Sukabumi,” ujar Nurzaman, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga:Polsek Sukanegara Pasok Tandon Air Bersih ke Wilayah KekeringanPLN UIP JBT Lanjutkan Program Pemberdayaan Komunitas Perempuan

Dia menjelaskan, penjemputan menggunakan satu unit bus tersebut dikawalan 10 petugas lapas dan tambahan dua anggota Polres Cianjur. Proses jemput napi sendiri dipimpin Kaur Kepegawaian dan Keuangan Lapas Klas II B Cianjur, Deri Nugraha.

“50 napi ini kita jemput menggunakan satu unit bus, ditemani 12 petugas dari lapas dan Polres Cianjur, juga dikawal mobil patwal Polres Cianjur,” ungkapnya.

Setibanya di Cianjur, 50 napi yang terdiri dari 43 laki-laki dan tujuh napi wanita langsung diterima dan didata oleh petugas Registrasi dan Pemeriksaan Kesehatan oleh perawat Lapas Cianjur.

“Saat tiba di Cianjur, mulai dari turun di sisi jalan hingga masuk ke lingkungan lapas, sangat dijaga ketat dan langsung diregistrasi dan cek kesehatannya sebelum kembali ke kamar narapidana,” jelasnya.

Kepala Lapas Klas II B Cianjur, Tomi Elyus bersyukur proses penjemputan 50 narapidana dari Lapas Klas II B Warungkiara berjalan lancar dan aman.

“Alhamdulillah pada Selasa (19/9) kita bisa jemput lagi 50 warga binaan. Ini merupakan proses jemput yang sudah beberapa kali kita laksanakan, setelah sebelumnya kita titipkan dalam rangka evakuasi pascagempa 21 November 2022 lalu,” kata Tomi.

Dirinya pun berharap proses penjemputan sisa narapidana yang masih berada dua lapas di Sukabumi bisa lancar dan seluruhnya bisa kembali ke Lapas Cianjur yang berangsur-angsur pulih.

Baca Juga:Ternyata 5 Bahan Dapur ini Bisa Memutihkan Gigi, Salah satunya Ada buah Stoberi ?3 Rekomendasi Speaker Bluetooth Kualitas Terbaik

“Penjemputan ini juga merupakan salah satu permintaan keluarga warga binaan yang berdomisili di Cianjur, agar bisa mengunjungi keluarganya yang sedang dalam pembinanaan di Lapas Cianjur,” pungkasnya.

Sebelumnya, kurang lebih 400 warga binaan Lapas Klas II B Cianjur dievakuasi ke Lapas Klas II B Sukabumi, dan Lapas Klas II B Warungkiara karena beberapa bagian lapas Cianjur rusak akibat gempa 21 November 2022 lalu.

0 Komentar