Waduh, Sampah Berumur 31 Tahun di Gunung Gede Pangrango

Sampah 31 Tahun
Sampah purba ditemukan salah seorang volunter yang tergabung dalam Komunitas Trashbag pada kegiatan Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang digelar pada 17 hingga 19 Septermber 2023. Foto: Rikzan RA
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Seorang volunter Komunitas Trashbag menemukan sampah botol plastik dari even Visit Asean Year 1992 atau 31 tahun silam di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Ketua Komunitas Trashbag, Imam Sukamto mengatakan, dirinya menemukan sampah tersebut dalam kegiatan Aksi Nyata Revolusi Mental Bersih Gunung di area Kandang Batu.

Menurut Imam, sampah purba tersebut ditemukan dalam kondisi terkubur. Hal itu membuktikan jika memang sampah plastik tidak bisa terurai. Terlihat dari sampah yang ia temukan sudah berumur 31 tahun.

Baca Juga:Buntut Kebakaran Alun-alun Suryakencana, Empat Orang DiperiksaPLN Paparkan Konsep Transisi Energi Menuju COP28

“Saat ada sampah, hewan mangsa seperti babi akan datang mendekat. Saat babi mendekat, otomatis predator utama seperti harimau akan mengejar hewan buruannya,” kata dia.

Sampah Terbanyak via Pos Cibodas

Dari Imam, area sampah terbanyak di jalur pendakian via Pos Cibodas, ada di Kandang Baru dan Kandang Badak yang merupakan kawasan camping.

“Dari tiga tim yang kita kerahkan, terkumpul kurang lebih 500 kilogram. Ini akan jadi pencangan kegiatan serupa di gunung-gunung lain yang ada di Indonesia,” tutupnya.

0 Komentar