Sabana Suryakencana Gunung Gede Pangrango Kebakaran

Kebakaran Sabana Suryakencana Gunung Gede Pangrango
Instagram Tyo Survival
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Sapto Aji Prabowo sebut kawasan sabana Suryakencana di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ditemukan titik asap kebakaran.

“Ada titik asap terpantau dari CCTV Suryakencana bagian barat, kami sudah memerintahkan tim untuk naik keatas memantau langsung kondisi sabana,” ucap Sapto Aji saat dihubungi Cianjur Ekspres, Senin (18/9/2023).

Dari titik asap yang terlihat di CCTV, lanjut Sapto, kebakaran terjadi sekitar 150 meter dari taman Bunga Edelweis. Perlu diketahui, padang sabana di kawasan Alun-alun Suryakencana luasnya mencapai 44,13 Hektar dan menjadi lokasi favorit untuk melakukan camping.

Baca Juga:Setelah Viral di Medsos, Maling Kembalikan Hasil Curian dan Secarik ‘Surat Cinta’Ingin Masyarakat Terlibat, PLN Berikan Pelatihan Kompetensi kepada Warga Sekitar Proyek PLTA Cisokan

“Tim pertama sudah tiba pukul 4 sore tadi. Tim kedua kita kerahkan 15 personel gabungan dari TNGGP dibantu warga,” kata dia.

Selain itu, Sapto Aji mengungkapkan Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan sudah menghubunginya untuk memberikan bantuan personel. “TNI-Polri siap backup jika sewaktu-waktu kami membutuhkannya,” jelasnya.

Kesulitan Memadamkan Api di Sabana Pengunungan

Sapto Aji menyebutkan memadamkan api di daerah sabana pegunungan cukup sulit karena terkendala sumber air juga kontur gunung. Apalagi, titik api di Alun-alun Suryakencana tersebut jaraknya sekitar 6 jam perjalanan dari pos terdekat yakni Pos Gunung Putri.

“Untuk memadamkan api di atas, kita gunakan alat ringan seperti backpack pump atau pompa punggung, kemudian menggunakan dahan-dahan pohon untuk mengendalikan api,” kata dia.

0 Komentar