PKBM di Cianjur Didorong Membuat Program Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal

PKBM di Cianjur Didorong Membuat Program Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaten Cianjur, mendorong PKBM untuk membuat program kewirausahaan berbasis potensi lokal.

Hal tersebut diutarakan Ketua FK-PKBM Kabupaten Cianjur, Deni Abdul Kholik melalui keterangan tertulisnya dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kapasitas Lembaga Sanggar Kreasi Belajar (SKB) dan PKBM di Cipanas selama tiga hari dari Jumat-Minggu 15-16 September 2023.

Sehingga, kata Deni, PKBM di Cianjur ke depan harus memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah berbasis potensi lokal yang nantinya akan dilatih baik dari segi manajemen, produk yang dihasilkan dan pemasarannya.

Baca Juga:Muhaimin: Pemenangan “AMIN” Semakin Maksimal dengan Dukungan PKSMuseum Nasional akan Kerahkan Tim Investigasi Internal Pasca Kebakaran 

“Lalu UMKM PKBM terus dikembangkan dan menghasilkan usaha yang menjanjikan,” ujarnya.

Deni menambahkan, nantinya warga belajar di PKBM selain mendapatkan ijazah, juga menjadi wirausaha yang mandiri. “Ini harapan kami mudah-mudahan tercapai,” katanya.

Terkait dengan Bimtek SKB dan PKBM, Deni menjelaskan, membahas tentang manajemen PKBM dengan harapan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bidang pendidikan di Cianjur.

“Perlu diketahui IPM pendidikan di Cianjur menempati posisi terakhir dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat. Karena itu, melalui bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan IPM di Cianjur,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Kegiatan, Iid Syapril Rizal mengungkapkan, jumlah peserta kegiatan ini sekitar 200 lembaga yang anggarannya dari masing-masing lembaga.

“Jadi kegiatan ini swadaya dari lembaga PKBM. Dari kita, untuk kita dan oleh kita,” paparnya.

Iid menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini selama tiga hari dan dua malam, dengan menampilkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Baca Juga:Mulai Hari Ini! KCIC Uji Coba Kereta Cepat Tak Berbayar untuk Masyarakat, Ini Link PendaftarannyaJubir Anies: Pintu Koalisi Perubahan Terus Terbuka untuk Partai Demokrat

“Mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan PKBM yang berkualitas,” pungkasnya.(*)

0 Komentar