Pilih Mana Pertalite atau Pertamax? Untuk Kendaraan Kesayanganmu

Pertalite atau Pertamax
Pertalite atau Pertamax
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Setiap kendaraan bermotor memerlukan energi untuk dapat bergerak, Bahan Bakar Minyak (BBM) lah sumbernya, namun lebih baik mana pertalite atau pertamax yang digunakan untuk kendaraanmu.

Pertamina memiliki dua jenis bahan bakar kendaraan yang paling banyak diminati para pengendara terutama pengendara roda dua atau motor.

Dua jenis bahan bakar tersebut yakni pertamax dan pertalite yang sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing.

Baca Juga:BBM Diganti Petani Banjir Cuan, Kok Bisa ya?Makanan Khas Yogyakarta dengan Cita Rasa yang Menarik

Namun setiap orang memiliki pilihan bahan bakarnya masing-masing sesuai dengan buget dan motor.

Akan tetapi bagi yang terpikir untuk beralih penggunaan jenis bahan bakar perlu ada pertimbangan terlebih dahulu.

Kandungan tersebut berupa zat aditif seperti pembersih, zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air atau demulsifier, dan anti karat.

Nilai Oktan

Pertamax dan pertalite memiliki nilai oktan yang berbeda dimana pertamax memiliki nilai RON (Research Octane Number) 92 sedangkan pertalite memiliki RON sebanyak 90. Intinya kendaraan dengan kompresi tinggi memerlukan oktan yang tinggi.

Tingkat Polusi

Setiap bahan bakar memiliki tingkat dan kualitas polusinya masing-masing. Maka dari itu sebaiknya para pengguna motor harus memperhatikan banyak hal untuk lingkungan lebih sehat.

Bukan sekedar nama ternyata akan berpengaruh pada kinerja mesinnya, bahan bakar tanpa bahan pewarna malah akan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

Harga

Selanjutnya perbedaan yang paling mudah terlihat adalah dari segi harganya, biasanya harga BBM untuk menyesuaikan dengan kemampuan ekonominya.

Baca Juga:Wajib Dicoba Minuman Penghilang Sakit Haid yang Paling AmpuhTernyata Ini Fitur Honda Trail yang Lengkap Cocok untuk Off Road

Saat ini di Jabodetabek untuk harga pertamax sbesar Rp12.400 per liter sedangkan pertalite memiliki harga Rp10.000 per liter.

0 Komentar