Bukannya Nambah Gizi, 5 Ikan Ini Justru Bisa Merusak Otak

Ikan yang mengandung merkuri (Foto: Pixabay)
Ikan yang mengandung merkuri (Foto: Pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Simak deretan 7 ikan yang mengandung merkuri dan berisiko dapat merusak otak.

Sebagai salah satu sumber protein tinggi, beberapa jenis ikan ternyata memiliki merkuri dalam tingkat tinggi yang dapat menjadi racun bagi tubuh.

Merkuri merupakan logam berat yang ditemukan secara alami di udara, air, dan tanah. Senyawa ini dilepaskan melalui beberapa cara, termasuk melalui proses industri seperti pembakaran batu bara atau peristiwa alam seperti letusan.

Baca Juga:Etanol Gasoline Bahan Bakar Pertamax Green 92 yang Terbuat dari JagungMantap! Vespa PX Masih Jadi Primadona Pecinta Motor Klasik, Segini Harganya

Paparan racun merkuri ini bisa terjadi bukan hanya melalui udara saja. Melainkan juga melalui makanan, salah satunya ikan. Biasanya ikan menyerap merkuri akibat pencemaran air.

lantas apa saja ikan yang mengandung merkuri?

Baca Juga: Makanan Khas Yogyakarta dengan Cita Rasa yang Menarik

1.Ikan Tuna

Meski tidak semua jenis tuna, terdapat beberapa ikan tuna yang harus Anda waspadai seperti tuna albacore.

Tak hanya itu, Anda juga perlu berhati-hati dengan ikan tuna kalengan.

2. Lobster Amerika

Pada umumnya lobster menjadi salah satu jenis seafood yang banyak disukai. Sayangnya, ikan satu ini ternyata mengandung merkuri dalam tingkat sedang.

3. Hiu

Selain dikenal sebagai predator laut, Hiu juga mengandung merkuri. Meski begitu, dalam beberapa budaya, daging ikan hiu justru kerap disajikan dalam hidangan lezat.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner Malam Bandung yang Wajib Dicoba!

4. Makarel Raja

Berbeda dengan ikan makarel bentuk kalengan. Seperti namanya, Makarel Raja memiliki ukuran besar dengan berat rata-rata 40 kilogram.

Meski jadi favorit para pemancing, namun ikan ini berbahaya jika dikonsumsi.

Baca Juga:Spesifikasi Smoot Zuzu Motor Listrik Subsidi Pemerintah Mirip Vespa SLift Jatuh Tewaskan 5 Pegawai, Pemilik Ayuterra Resort Ubud: Kami Tanggungjawab

5. Ikan Todak

Ikan ini memiliki tekstur daging yang tebal, lembut, dan gurih. Ikan ini kerap disajikan dalam bentuk steak. Di pasaran, ikan ini biasa dijual dalam bentuk fillet yang dibekukan. Ikan ini juga kerap disandingkan dengan ikan dory.

0 Komentar