Harga Pertamax Green 92 Pengganti Pertalite yang Solusi Atasi Polusi

Harga Pertamax Green 92 pengganti pertalite (Foto: Pixabay_
Harga Pertamax Green 92 pengganti pertalite (Foto: Pixabay_
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Penggantian bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite menjadi pertamax green 92 kini sudah bukan sekedar wacana lagi. Lantas berapa harga Pertamax Green 92?

PT Pertamina (Persero) mengumumkan pertalite akan mulai dihapus dan diganti dengan Pertamax Green 92 mulai 2024 mendatang.

Secara rinci, Pertamina akan menghadirkan tiga jenis produk bensin yang dijual di tahun 2024, yaitu Pertamax Green 92 adalah campuran RON 90 dengan 7 persen etanol yang disebut E7, kedua Pertamax Green 95 campuran Pertamax dengan 8 persen etanol jadi E8, dan Pertamax Turbo.

Baca Juga:Oppo Watch 4 Pro Meluncur dengan Fitur Canggih, Segini Harganya!Harga Honda Supra X 125 Cross 2023, Motor Trail Tangguh Cuma Rp19 Jutaan

Pertamina menyebut, kebijakan baru tersebut sebagai salah satu upaya mengurangi polusi udara yang belakangan kian parah. Sebab kendaraan BBM fosil oktan rendah seperti Pertalite menjadi penyumbang polusi cukup tinggi.

Selain itu, kebijakan baru tersebut sebagai bentuk komitmen perusahaan migas pelat merah itu untuk menekan gas buang dari bahan bakar kendaraan.

“Sebenarnya Pertalite kita campur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92. Sehingga nantinya di tahun depan hanya ada tiga produk,” kata Nicke saat Raker bersama Komisi VII, Rabu (30/8/2023).

Selain itu, Nicke juga menyebut hal itu seiring dengan upaya menaikan RON 90, dan penyesuaian dengan ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di mana BBM yang beredar minimum RON 91.

“Aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91. Jadi ini sudah sangat pas,” jelasnya.

Dengan begitu, Nicke berharap agar dikeluarkannya Pertamax Green 92 ini dapat menurunkan karbon emisi bahkan menurunkan impor gasoline.

Untuk soal harga, Nicke menyebut Pertamax Green 92, Nicke belum menjelaskan lebih lanjut. Sedangkan produk Pertamax Green 95 yang baru diluncurkan, harga yang ditetapkan cukup kompetitif dan termurah dibandingkan RON 95 dari SPBU lain.

Baca Juga:Konten Oklin Fia Jilat Es Krim, MUI: Bukan Penistaan AgamaPertalite Dihapus 2024 Gantinya Pertamax Green 92, Berapa Harganya?

Demikian informasi mengenai harga pertamax green 92 sebagai pengganti pertalite. Semoga bermanfaat.

0 Komentar