Wow Fenomena Super Blue Moon di Indonesia Terjadi 31 Agustus 2023

Fenomena Super Blue Moon di Indonesia (Foto: Pixabay0
Fenomena Super Blue Moon di Indonesia (Foto: Pixabay0
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Fenomena Super Blue Moon akan terjadi pada akhir Agustus 2023. Super Blue Moon menjadi pengingat tentang betapa kecilnya makhluk bumi dalam skala kosmik.

Super blue moon, fenomena pertama dalam peristiwa ini, menghadirkan bulan yang begitu dekat dengan Bumi sehingga tampak lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Cahayanya memancar dengan intensitas yang memancarkan pesona yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Dengan begitu dekatnya, kita hampir dapat merasakan kehadirannya di antara bintang-bintang.

Baca Juga:Doa Ketika Terjadi Super Blue Moon di Indonesia, 30 Agustus 2023Harga Paket Liburan ke Jepang 2023 Mulai dari Rp5 Juta

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Blue Moon akan terjadi pada Rabu malam, tanggal 30 Agustus 2023 pukul 21.36 waktu AS bagian timur.

Sementara itu di Indonesia, blue moon akan muncul di bagian barat pada 31 Agustus 2023 pukul 18.06 WIB.

Pengertian Super Blue Moon

“Super Blue Moon” mengacu pada peristiwa langka ketika tiga fenomena bulan terjadi pada saat yang sama: “Supermoon”, “Blue Moon”, dan kadang-kadang juga disebut “Blood Moon”.

Bulan purnama biasanya terjadi sekali setiap 29,5 hari, jadi biasanya hanya ada satu bulan purnama dalam satu bulan kalender.

Namun, karena panjang bulan kalender sekitar 30 atau 31 hari, terkadang bisa terjadi bahwa bulan purnama muncul dua kali dalam satu bulan. Ini adalah apa yang disebut “blue moon”.

Istilah “blue moon” sebenarnya tidak berhubungan dengan warna bulan.

Bulan purnama biasanya tidak berwarna biru; istilah ini lebih mengacu pada ketidakterdugaan atau kejutan, karena bulan purnama muncul lebih sering dari yang diharapkan.

Baca Juga: Fenomena Tanah Bergoyang di Lumajang Hebohkan Warga

Cara Melihat

Untuk dapat menyaksikan fenomena ini, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti  teleskop atau binokular.

Baca Juga:Harga Yamaha Smax 160 Motor Maxi Saudara NMAX, Rp20 Jutaan?Spesifikasi Yamaha SMAX 160 Dek, Bikin Honda PCX Morat-marit!

Pastikan memilih lokasi yang tenang dan sepi agar Anda dapat menikmati pengalaman ini tanpa gangguan. Diutamakan untuk melihat dari lokai gelap tanpa banyak cahaya.

Kemudian pastikan langit tidak tertutup awan. Langit cerah dan jelas adalah kondisi terbaik untuk melihat Supermoon.

Biasanya, Supermoon terlihat sangat besar saat terbit dan terbenam karena ada efek ilusi optik dengan objek di cakrawala. Namun, bulan yang lebih tinggi di langit juga masih akan terlihat lebih besar dari biasanya

0 Komentar