PLN UP3 Cianjur Tingkatkan Keandalan Listrik di Perbatasan Cianjur dengan Tim PDKB

PLN UP3 Cianjur
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur terus berupaya meningkatkan keandalan listrik di wilayah Cianjur Selatan. Salah satunya dengan melaksanakan pekerjaan relokasi alat sectionalizer atau Saklar Seksi Otomatis (SSO) yang dilaksanakan oleh tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di Desa Girimukti, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur.

“Kami memindahkan SSO dari daerah Cigombong yang termasuk wilayah kerja PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanggeung ke daerah Citambur yang masuk ke wilayah kerja PLN ULP Sukanagara,” kata Firman Herdani, Assistant Manager Jaringan PLN UP3 Cianjur.

Menurut Firman, kegiatan yang berlangsung pada Senin (31/7) itu bertujuan untuk menyukseskan interkoneksi jaringan listrik antara PLN UP3 Cianjur dengan PLN UP3 Majalaya yang lokasinya berbatasan langsung. “Kolaborasi antar unit PLN ini diperlukan agar suplai listrik khususnya di wilayah Cianjur Selatan lebih berkualitas,” ujar Firman.

Baca Juga:Sekjen Kemenkumham Terima Doktor Honoris Causa dari UNESABanyak Hadirkan Prodak Unggulan, Pemprov Jabar Berikan Penghargaan kepada Para Insan Pertanian

Ada dua manfaat yang dapat diperoleh dengan pekerjaan interkoneksi tersebut, baik pada saat pemeliharaan jaringan yang sifatnya preventif maupun pada saat perbaikan gangguan listrik yang sifatnya korektif.

“Pertama, apabila ke depan ada pemeliharaan jaringan kami bisa mempersempit wilayah padam sehingga tidak banyak pelanggan yang harus merasakan padam,” ujar Firman.

“Kedua, apabila sampai terjadi gangguan listrik di wilayah Sukanagara ataupun Tanggeung, recovery atau penormalan suplai listriknya bisa lebih cepat karena bisa dipasok dari jaringan milik PLN UP3 Majalaya,” imbuhnya.

Sementara itu, PLN menerjunkan tim khusus PDKB dalam melaksanakan pekerjaan relokasi SSO itu agar warga Desa Girimukti tetap dapat menikmati listrik dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. “Tim PDKB memang dibekali keterampilan dan kompetensi khusus karena karakteristik pekerjaannya juga khusus dan memiliki risiko tinggi, yakni melakukan pemeliharaan listrik tanpa padam,” terang Firman.

Manager PLN UP3 Cianjur, Agus Tasya, mengatakan PLN UP3 Cianjur terus berkomitmen menghadirkan listrik yang andal bagi pelanggan. “Kami mengoptimalkan sumber daya yang kami miliki termasuk tim PDKB dalam upaya menjaga keandalan pasokan listrik bagi 765.722 pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Cianjur,” ujarnya.

0 Komentar