Nikah Gratis! Bupati Cianjur Jadi Saksi Pernikahan Gagam dan Mia

Nikah Gratis! Bupati Cianjur Jadi Saksi Pernikahan Gagam dan Mia
Bupati Cianjur Herman Suherman saat menyerahkan KTP dan Kartu Keluarga kepada kedua pengantin dalam program nikah gratis.(DOK/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Pemerintah Kabupaten Cianjur terus melakukan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakatnya, teranyar Bupati Cianjur Herman Suherman perdana menikahkan sepasang sejoli dalam secara gratis di Gedung Korpri Cianjur, Rabu (2/8/2023).

Pasangan sejoli yang mengikuti program nikah gratis tersebut yakni, Gagam Mohamad Saladinna dan Mia Sukma Warga Kampung Panembong Kaler RT 02/RW 01, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur.

” Alhamdulillah dikaitkan dengan Hari Jadi Kabupaten Cianjur yang ke-346 tahun ini yang pertama dan insyaAllah kedepannya kita akan buka lagi bukan hanya di Cianjur sampai ke pelosok pun dan nikahnya pun tidak hanya di Gedung Korpri dan Pramuka ini sesuai kebutuhan,” katanya kepada wartawan usia menjadi saksi nikah gratis.

Baca Juga:NasDem Sudah Siapkan Kader untuk Pilkada Cianjur, Onnie S Sandi: Ada 3 sampai 4 OrangForum Muadzin Cianjur Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024

“Bila perlu kita ke pelosok datang semua aparat kita, kita yang melayani masyarakat,” sambung Herman.

Dia mengungkapkan, sebelumnya ada lima yang mendaftar program nikah gratis, namun yang lain tidak memenuhi syarat dan hanya satu pasangan yang memenuhi syarat. Herman menyebut syaratnya, usia pasangan yang menikah minimal harus 20 tahun, warga Cianjur asli dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Fasilitas kita siapkan, mobil, catering, gedung, mas kawin dan lainnya ditanggung penuh oleh pemerintah,” katanya.

Herman mengungkapkan, alasan pemerintah daerah mengadakan program nikah gratis, pertama karena di Cianjur masih banyak yang nikah siri yang tidak didaftarkan ke negara dan pada akhirnya akan sulit untuk membuat KTP dan Kartu Keluarga.

“Kedua, Kita menghindari pernikahan dini di bawha umur dan ketiga, maraknya LGBT dan sebagainya. Sehingga kami Pemerintah Kabupaten Cianjur ada ide muncullah nikah gratis,” tuturnya.

Sementara itu mempelai pria yang mengikuti program nikah gratis, Gagam Mohamad Saladinna, mengaku bersyukur dan bahagia prosesi akad nikah berjalan lancar.

“Dengan diadakannya acara (nikah gratis,red) ini, mudah-mudahan menjadi amal ibadah yang besar, amin,” katanya kepada wartawan.

0 Komentar