Perayaan Berbagai Negara Sambut Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam
Doc : Tahun Baru Islam
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tahun baru Islam merupakan hari peringatan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, pada tahun 622 Masehi.

Karena peristiwa tersebut terjadi pada 1 Muharram, maka tanggal tersebut tetapkan sebagai tahun baru Islam pada kalender Hijriah, yang berlaku untuk seluruh umat Islam seluruh dunia.

Jadi, perayaannya pun akan dilakukan di tanggal yang sama. Hanya saja, yang membedakan adalah bentuk perayaannya, karena mengikuti kebiasaan atau budaya setiap negara.

Baca Juga:Pandangan Islam Mengenai Satu Suro, Tradisi Keramat JawaMengenal Tradisi Satu Suro, Budaya yang Dianggap Keramat

Perayaan Tahun Baru Islam di Berbagai Negara

1. Mesir

Di urutan ketiga ada Mesir, yang bentuk perayaannya tak kalah menarik dan unik dari negara-negara sebelumnya.

Hal itu karena, masyarakat Mesir memiliki kebiasaan menghadiri festival Tahun Baru Islam. Yang mana, dalam festival tersebut ada banyak penampilan yang disajikan, seperti tarian sufi tradisional serta nyanyian.

Tetapi, bentuk perayaan yang dilakukan masyarakat Mesir tidak hanya itu saja.

Mereka juga akan mengenakan pakaian baru, mengunjungi teman dan sanak saudara, menghadiri sejumlah pesta, dan anak-anak akan diberikan boneka yang terbuat dari manisan dan permen.

BACA JUGA : Tradisi Orang Sunda Merayakan Tahun Baru Islam yang Meriah

2. Arab Saudi

Bentuk perayaan tahun baru Islam di berbagai negara, yang selanjutnya yaitu Arab Saudi. Di negara ini, perayaan berlangsung sangat meriah, karena masyarakatnya saling memanggil dan mengirim salam, untuk menyampaikan harapan serta doa.

Menariknya lagi, ada beberapa orang di Jeddah yang masih melakukan tradisi kecil saat tahun baru Islam, yaitu meminum satu gelas susu di pagi hari.

Baca Juga:Tradisi Orang Sunda Merayakan Tahun Baru Islam yang MeriahInilah Tradisi Unik Sambut Tahun Baru Islam di Indonesia

Tradisi tersebut lakukan, karena masyarakatnya masih memegang teguh filosofi meminum satu gelas susu di pagi hari, bisa membuat hari tersebut, yakni tahun baru Islam berlangsung bersih dan putih.

Tidak hanya itu, masyarakatnya pun di siang hari akan menyantap sesuatu yang hijau seperti Molokhia, karena tahun hijau adalah lambang memberkati.

Selain mengonsumsi makanan berwarna hijau, masyarakatnya juga meminum beberapa teh almond dengan campuran sedikit madu, agar tahun baru Islam berjalan seperti manisnya teh almond tersebut.

3. Iran

Siapa sangka, kalau ternyata para muslim di Iran memiliki bentuk perayaan tahun baru Islam yang unik, yaitu melakukan upacara di 10 hari pertama, untuk mengenang perjuangan Imam Hussein.

0 Komentar