Tips Siapkan Mental Anak ke Sekolah untuk Ajaran Baru

Tips Siapkan Mental Anak ke Sekolah untuk Ajaran Baru
Tips Siapkan Mental Anak ke Sekolah untuk Ajaran Baru
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Masa liburan sudah hampir usai. Biasanya orang tua sudah mulai menyerbu toko alat tulis atau toko seragam dan sepatu untuk persiapan anak masuk sekolah. Seragam, tas sekolah, alat tulis hingga sepatu baru disiapkan. Tapi sudahkah orang tua menyiapkan mental anak untuk kembali ke sekolah setelah liburan?

Menyiapkan mental anak untuk kembali sekolah sama pentingnya dengan menyiapkan benda-benda serba baru. Ketika mental anak sudah siap untuk kembali ke sekolah, dia akan dengan mudah beradaptasi dengan perubahan perilaku yang berbeda dengan yang ia jalani ketika liburan.

Psikolog klinis anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. menyarankan beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk membantu kesiapan anak pada hari pertama ia masuk sekolah. Simak beberapa tips ini.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Drama Anak di Hari Pertama Sekolah

Baca Juga:Warung Mak Eha Legendaris, Warung Nasi Langganan Keluarga Soekarno4 Daerah Jakarta dengan Harga Tanah Paling Fantastis, Ada Rumah Kamu Nggak Ya?

1. Siapkan nutrisi harian anak. Hal ini penting untuk membantu kecukupan gizi anak.

“Jika perlu, lengkapi juga kebutuhan nutrisi hariannya dengan susu pertumbuhan sebelum berangkat sekolah. Sebab, asupan pada anak usia prasekolah yang tidak menyertakan susu sering kali tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya,” ujar Anna.

Anna juga menyarankan agar orang tua membawakan bekal makanan favorit anak yang bergizi, agar anak menjadi lebih bertambah semangat menjalani hari pertama di sekolah.

2. Persiapkan mental anak, minimal satu minggu sebelum hari sekolah

Orang tua dan anak perlu mempersiapkan hari pertama sekolah minimal satu minggu sebelumnya sehingga anak memiliki kesiapan mental untuk mulai kembali ke sekolah.

“Mulailah melakukan rutinitas serupa dengan yang akan dijalankan di hari-hari sekolah nantinya. Misalnya mulai membiasakan bangun jam 6, lalu mandi dan berganti pakaian, sarapan, kemudian lanjut beraktivitas,” ujar Anna.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Anak di Hari Pertama Sekolah

3. Jika sekolah baru, sesekali ajaklah anak mengunjungi calon sekolah barunya

Persiapan mental lainnya adalah sesekali mengunjungi calon sekolahnya. Ajak anak untuk melihat kelas, tempat bermain, permainan yang tersedia, dan jika memungkinkan perkenalkan anak pada calon gurunya dan hal positif tentang sekolah tersebut.

0 Komentar