Cara Mengatasi Anak di Hari Pertama Sekolah

Cara Mengatasi Anak di Hari Pertama Sekolah
Cara Mengatasi Anak di Hari Pertama Sekolah
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Kondisi anak saat memasuki hari pertama sekolah memang sangat beragam, ada yang menangis, mogok, marah dan lain sebagainnya. Agar hal tersebut tidak terjadi sebagai orang tua kita perlu memiliki tips untuk siapkan anak masuk sekolah.

Bertemu dengan lingkungan yang berbeda bisa membuat anak cemas dan merasa takut, apalagi jika anak masih dibangku Tk yang lebih sering bermain, sedangkan di bangku SD anak sudah memiliki rasa tanggung jawab untuk belajar.

BACA JUGA: Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar

Cara Mengatasi Anak di Hari Pertama Sekolah

1. Kenalkan Lingkungan Sekolah

Sebelum memilih sekolah, alangkah baiknya untuk mengajak anak melihat-lihat lingkungan sekolah untuk melihat kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Dengan begitu, anak akan melihat dan mendengar hal-hal yang menarik yang dilakukan di sekolah.

Baca Juga:Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin BelajarUrban Legend Di ASIA! Indonesia Jadi Salah Satunya

2. Beri Gambaran dan Tujuan Sekolah

Berbeda dengan lingkungan TK, anak akan diwajibkan untuk belajar dengan sangat serius. Maka dari itu, kita sebagai orang tua wajib mengenalkan suasana pembelajran di sekolah terlebih dahulu.

BACA JUGA: Tips Kendalikan Anak Rewel Hari Pertama Sekolah

3. Ajarkan Sikap Mandiri

Setiap anak memiliki karakter dengan ciri khas masing-masing. Mengajarkan kemandirian sedikit demi sedikit ternyata bisa melatih kepekaan mental dan emosi anak.

BACA JUGA: Inilah Fakta Terbaru Manga One Shot Minato Namikaze yang Akan Hadir

4. Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Orang tua bisa mengantarkan anak ke sekolah loh, seperti pada hari pertama bersekolah. Mams bisa antar dan temani anak supaya ia tidak merasa ditinggalkan oleh orang tuanya.

Namun perlu diingat, orang tua juga perlu mengindari hal-hal yang bisa meningkatkan potensi kecemasan yang berlebih pada anak saat akan berpisah dengan kita.

Nah itulah cara mengatasianak di hari pertama sekolah yang bisa mams lakuin nih, jangan sampai anak lengah dalam pantauan orang tua ya. Selamat mencoba.

 

0 Komentar