Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar

Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar
Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Sebagai orang tua mendorong anak untuk giat belajar merupakan salah satu kewajiban, seorang ibu pasti ingin memiliki anak yang pintar yang rajin

Akan tetapi, sebagian orang tua pasti sangat kesulitan untuk mengajak anak rajin belajar karena beberapa anak merasa belajar merupakan hal yang membosankan.

Untuk mengatasi hal tersebut, mams harus beperan aktif supaya anak tidak kehilangan minat dalam belajar. Jangan memaksa anak dalam urusan belajar ya.

BACA JUGA: Tips Kendalikan Anak Rewel Hari Pertama Sekolah

Baca Juga:Urban Legend Di ASIA! Indonesia Jadi Salah SatunyaSeram, Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

3 Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar

1. Jadikan Waktu Belajar Lebih Mudah

Durasi waktu belajar yang lama akan membuat anak merasa malas dan kelelahan untuk belajar, mams hanya perlu mengatur ulang waktu dengan mengkondisikan waktu belajar.

Ajak anak untuk mengenal lebih banyak hal dalam waktu yang teratur, hal ini bisa membuat proses belajar anak menjadi lebih mudah dengan cara melakukan kegiatan belajar di tempat yang tenang dan nyaman.

2. Memberi Hadiah

Memotivasi dengan hadiah merupakan satu hal yang akan cukup berhasil jika di terapkan. Hal ini karena anak-anak cenderung lebih menyukai sesuatu yang disebut dengan hadiah.

Mams bisa membuat sistem seperti memberi reward pada anak sehingga anak akan memiliki sesuatu untuk diharapkan setelah waktu belajar selesai.

Dengan mendapatkan hadiah seusai belajar, tentu anak akan mempunyai semangat yang tinggi saat belajar agar bisa memperoleh hadiah yang mereka inginkan.

BACA JUGA:Santri Cianjur Tewas Tenggelam Usai Berenang di Sungai Cisokan

Baca Juga:Horor Urban Legend Indonesia, Mana yang Paling Seram?Petani Milenial Wujudkan Anak Muda Desa di Jabar Miliki Bisnis Mendunia

3. Mengetahui Gaya Belajar Anak

Untuk bisa memperoses dan mengerti prihal pengetahuan baru secara cepat, tentu setiap anak mempunyai caranya masing-masing. Ketika mendampingi kegiatan belajar anak, Mams hanya perlu mulai mengidentifikasi kekuatan dan preferensi anak dalam hal gaya belajar yang mereka sukai.

BACA JUGA: Tips Strategi Mengajar Guru Pemula Agar Lebih Menyenangkan

Umumnya ada empat metode gaya belajar anak. Berikut ini empat metode gaya belajar pada anak:

Ada empat metode gaya belajar anak yang bisa mams coba.

  • Visual/penglihatan: Umumnya dengan gaya belajar satu ini biasanya cenderung bisa lebih belajar dengan mudah bahkan bisa melewati pembelajaran dengan menggunakan penglihatan.
  • Auditory/pendengaran: Dengan gaya belajar satu ini, bisa mengingat dan memahami hal baru dengan cara mendengarkan penjelasan secara langsung.
  • Taktil/sentuhan): Dengan gaya belajar satu ini,bisa lebih mudah mempelajari hal baru melalui sentuhan. Mereka akan memilih belajar dengan melakukan kegiatan atau proyek yang memungkinkan mereka untuk menggunakan tangan.
0 Komentar