4 Hal Mistis yang Sering Dipercaya Orang Indonesia

4 Hal Mistis yang Sering Dipercaya Orang Indonesia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Percaya tidak percaya hal-hal mistis memang tak dapat dihindari dan ada di sekitar kita. Banyak yang percaya namun tak sedikit juga yang tak mempercayainya atau menganggap hanyalah takhayul belaka.

Indonesia sendiri masih menjadi negara yang kental dengan adat istiadat dan kebudayaan. Dimana hal-hal tersebut memberikan pengaruh besar terhadap kepercayaan masyarakatnya.

Bukti yang paling nyata adalah masih dipercayainya banyak hal mistis, baik itu menyangkut tempat, waktu, benda maupun kebiasaan. Berikut merupakan 4 hal mistis yang masih banyak dipercayai di Indonesia.

BACA JUGA: Beberapa Tempat Mistis di Cianjur,Berani Uji Nyali?

Baca Juga:Resep Cincau Hitam Cocok jadi Minuman KeluargaMengenal Jenis Minuman Khas Sunda yang Wajib Dicoba dan Resepnya

4 Hal Mistis Indonesia

1. Dukun

Seperti yang sudah menjadi pengetahuan umum, mistis adalah hal yang berkaitan dengan dunia gaib.

Pengertian ini sesuai dengan kemampuan dukun yang umumnya bisa mengetahui, melihat dan berinteraksi dengan alam gaib.

Tak sedikit juga orang yang memiliki kemampuan tersebut kemudian bekerja sebagai dukun.

Banyak yang masih mempercayai bahwa dukun bisa menjadi solusi atas setiap permasalahan hidup. Dukun identik dengan benda-benda mistis semisal keris, tombak, sesajen, bunga dan sejenisnya.

2. Benda Keramat

Selain dukun, hal mistis lain yang juga masih dipercaya masyarakat Indonesia adalah benda-benda keramat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, benda keramat bisa berupa senjata tradisional, cincin, batu, atau menyan. Benda-benda tersebut dianggap memiliki kekuatan mistis yang juga biasa disebut jimat.

BACA JUGA: Resep Cincau Hitam Cocok jadi Minuman Keluarga

3. Mitos

Hal mistis di Indonesia juga sering dikaitkan dengan mitos atau kepercayaan tertentu. Mitos biasanya merupakan larangan yang jika dilanggar akan mengakibatkan keburukan. Misalnya saja mitos tentang larangan keluar rumah saat petang karena bisa diikuti makhluk dari alam lain.

Baca Juga:Keunikan Orang Sunda: Budaya, Bahasa, Kesenian yang Membuat Mereka BerbedaMengenal Julukan Kota Cianjur dan Hal Menarik di Baliknya

Contoh lain misalnya anjuran menaruh gunting di dekat bayi yang baru lahir agar si bayi tidak diganggu makhluk gaib. Mitos-mitos tersebut hingga kini masih banyak dipercayai terutama oleh masyarakat yang tinggal di desa.

4. Waktu Terlarang

Tidak hanya benda atau kejadian yang dilabeli mistis, orang Indonesia juga masih banyak yang mempercayai waktu-waktu terlarang.

0 Komentar