Kamu Harus Tahu! Uang Koin Termahal di Indonesia Diakui BI

KOIN TERMAHAL
Doc : KOIN TERMAHAL
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Inilah Uang Koin Kuno Termahal di Indonesia yang Diakui oleh Bank Indonesia dan Beredar untuk Umum.

Indonesia memiliki sejarah yang kaya dalam hal mata uang kuno, terutama koin. Salah satu contoh yang paling menarik adalah uang koin kuno yang akui oleh Bank Indonesia dan menjadi salah satu yang termahal di Indonesia.

Uang koin ini telah menjadi bukti sejarah yang berharga dan menjadi benda koleksi yang banyak peminat oleh orang-orang.

Baca Juga:Cepat Laris! Inilah Cara Jual Uang Koin Rp500 Melati di TokopediaPorang: Bunga Bangkai yang Bernilai Ekonomis Hingga Mahal

Beberapa waktu yang lalu, muncul sebuah postingan di Facebook yang menyatakan bahwa uang koin Rp1000 dengan gambar kelapa sawit telah dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

BACA JUGA :

Wow! 4 Uang Koin Termahal Ini Dicari-Cari Oleh Para Kolektor

Kabar ini memicu perdebatan di antara masyarakat, ada yang mempercayainya dan ada juga yang menyebutnya sebagai hoaks.

Selain itu, beredar juga kabar tentang uang koin berwarna kuning yang membuatnya menjadi perhiasan karena warnanya tidak pudar seperti warna emas.

Uang koin tersebut bahkan menjualnya melalui platform e-commerce dengan harga yang sangat tinggi karena melibatkan biaya produksi yang mahal.

Bank Indonesia Mengeluarkan Koin Terbuat dari Emas

Terlepas dari pro dan kontra mengenai uang koin tersebut, Bank Indonesia (BI) memang pernah mengeluarkan uang koin yang terbuat dari emas.

Bahkan, ada beberapa uang koin atau logam yang terbuat dari emas yang menjadi yang termahal di Indonesia.

Salah satu contohnya adalah Uang Rupiah Khusus (URK) dengan pecahan senilai Rp 850.000. Uang koin ini telah diakui oleh BI dan menjadi yang termahal yang pernah keluarkan oleh bank sentral tersebut.

Baca Juga:Keunikan Suweg dan Porang: Bunga Bankai yang Dijadikan Konsumsi8 Jenis Bunga Bangkai di Indonesia

Berdasarkan informasi yang melansirnya dari situs resmi BI, uang koin ini terbuat dari logam dasar emas dengan menggunakan teknik cetak proof.

Logam emas menggunakan emas kadar 23 karat, berat 50 gram, diameter 35 mm, dan ketebalan 2,78 mm.

Uang koin ini juga masuk dalam daftar uang koin khusus yang pernah terbitkan oleh BI. Penerbitan uang koin ini lakukan pada tahun 1995 sebagai bagian dari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-50.

0 Komentar