8 Jenis Bunga Bangkai di Indonesia

Jenis Bunga Bangkai
Doc : Jenis Bunga Bangkai
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Bunga bangkai (Amorphophallus) adalah kelompok tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) yang terkenal karena mengeluarkan aroma busuk yang khas, terutama saat periode mekar.

Terdapat sekitar 170 hingga 200 spesies Amorphophallus di seluruh dunia, dan sekitar 25 spesies tumbuh di Indonesia.
Dari jumlah tersebut, 17 spesies merupakan tanaman endemik Indonesia, dengan 8 spesies endemik Pulau Sumatera, 5 spesies endemik Pulau Jawa, 3 spesies endemik Pulau Kalimantan, dan 1 spesies endemik Pulau Sulawesi.

Berikut adalah beberapa jenis bunga bangkai yang terkenal di Indonesia:

1. Amorphophallus titanium (Bunga Bangkai Raksasa)

Dikenal sebagai kibut, bunga bangkai raksasa, atau suweg raksasa, adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia.
Amorphophallus titanium merupakan jenis terbesar dengan ukuran bunga mencapai tinggi 2,5 meter dan luas 1,5 meter atau lebih. Umbi Amorphophallus titanium juga terkenal karena ukurannya yang besar.

BACA JUGA :

Bunga Bangkai Raksasa di Cibodas Kembali Mekar

Baca Juga:Bunga Bangkai Raksasa di Cibodas Kembali MekarWow! 4 Uang Koin Termahal Ini Dicari-Cari Oleh Para Kolektor

Tanaman ini endemik dan langka, ditemukan di Pulau Sumatera. Saat ini, Amorphophallus titanium terdaftar sebagai tanaman terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), dengan perkiraan jumlah individu yang tersisa kurang dari 1.000 di alam liar.

2. Amorphophallus gigas

Amorphophallus gigas juga berasal dari Pulau Sumatera, khususnya daerah Bengkulu. Meskipun ukurannya melebihi Amorphophallus titanium, kelopak dan tangkai bunga Amorphophallus gigas lebih pendek. Amorphophallus gigas hanya berbunga sekali dalam tiga tahun, namun periode mekarnya sangat lama.

3. Amorphophallus beccarii

Amorphophallus beccarii adalah jenis bunga bangkai lain yang berasal dan endemik di Sumatera. Bunga bangkai Amorphophallus beccarii saat ini termasuk dalam tumbuhan terancam punah, sehingga keberadaannya semakin jarang ditemui.

4. Amorphophallus campanulatus

Amorphophallus campanulatus, juga terkenal sebagai umbi suweg, merupakan jenis bunga bangkai terkenal di Indonesia. Umbi suweg Amorphophallus campanulatus memiliki potensi sebagai sumber bahan pangan versifikasi di masa depan dan merupakan salah satu jenis umbi komoditas lokal Indonesia.

5. Amorphophallus oncophyllus

Amorphophallus oncophyllus atau tanaman porang menjadi kelompok bunga bangkai yang terkenal di Indonesia. Tanaman porang ini banyak tumbuh secara liar di hutan Pulau Jawa.

Selain itu, tanaman porang juga banyak budidayakan oleh masyarakat setempat karena memiliki banyak manfaat dan kegunaan, terutama umbinya.

0 Komentar