Daging Kambing vs Daging Sapi,Sehat yang Mana ya?

Daging Kambing vs Daging Sapi,Sehat yang Mana ya?
0 Komentar

CIANJUREKSPRES -Daging sapi dan kambing atau menjadi sajian istimewa di perayaan Hari Raya Idul Adha. Baik daging sapi mau pun daging kambing, masing-masing mengandung nutrisi yang sehat dan diperlukan oleh tubuh.

Biasanya, daging kurban, baik daging sapi mau pun kambing, akan diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari sajian sate kambing atau daging sapi diolah menjadi masakan rendang khas Padang.

BACA JUGA: Waspada Konsumsi Daging Kambing Berlebihan saat Idul Adha

Daging sapi vs daging kambing

Beberapa daging mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang tentunya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah jika kita terlalu banyak mengonsumsinya.

Baca Juga:Waspada Konsumsi Daging Kambing Berlebihan saat Idul AdhaTips Mencuci dan Merebus Daging Sapi Supaya Empuk

Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah, yakni istilah yang digunakan pada daging berasal dari hewan mamalia, yang mengandung zat besi dalam jumlah lebih tinggi daripada daging ayam atau ikan.

Saat Hari Raya Kurban, daging sapi sering diolah atau dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, digiling atau dicincang. Kandungan daging sapi segar tanpa lemak, kaya akan berbagai vitamin dan mineral sehat untuk tubuh, terutama zat besi dan zinc.

Daging kambing sebagai salah satu daging merah yang lebih sehat dibandingkan daging sapi. Sebab, daging kambing lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta mengandung zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging merah atau daging putih lainnya.

BACA JUGA: Tips Mencuci dan Merebus Daging Sapi Supaya Empuk

Nutrisi daging sapi dan kambing

Dalam satu porsi daging sapi giling seberat 100 gram dan dimasak dengan cara dipanggang dengan kandungan 10 persen lemak, mengandung nutrisi di antaranya sebagai berikut.

Kalori: 217
Air: 61
Protein: 26,1 gram
Karbohidrat: 0 gram
Gula: 0 gram
Serat: 0 gram
Lemak: 11,8 gram

Kandungan lemak pada daging sapi juga memiliki jumlah yang bervariasi. Jumlah lemak daging sapi tergantung pada tingkat pemotongan dan usia hewan, serta jenis sapi, jenis kelamin dan pakannya.

satu porsi daging kambing yang dimasak dengan berat 85 gram, menyediakan

Kalori: 122
Protein: 23 gram
Lemak: 2,6 gram
Lemak jenuh: 0,8 gram
Karbohidrat: 0 gram
Gula: 0 gram Serat: 0 gram
Riboflavin: 30 persen dari Nilai Harian (DV)

0 Komentar