Semarak HUT Jakarta ke-496 2023, Intip Tema dan Logonya!

HUT JAKARTA
Doc : HUT JAKARTA
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tema dan logo HUT ke-496 DKI Jakarta memberikan semangat bersinergi menyambut transisi dari Ibu Kota Negara menjadi kota global yang nyaman, aman, dan kondusif yang baru untuk warga dan segenap pemangku jabatan. memperingati HUT DKI Jakarta pada tanggal 22 Juni setiap tahunnya, hingga tema serta logonya akan berganti-ganti setiap tahun. Pada tahun ini, HUT DKI Jakarta diperingati dengan tema ‘Jadi Karya untuk Nusantara’.

BACA JUGA :

Selamat Ulang Tahun Kota Metropolitan

Sejarah Jakarta

Mengutip Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta, sejarah Kota Jakarta bermula dari pelabuhan kecil di estuari sungai Ciliwung sekitar 500 tahun yang lalu. Pelabuhan kecil tersebut lambat laun bertransformasi menjadi pusat perdagangan internasional.

Kini, rekam jejak Jakarta bisa ditemukan melalui beberapa prasasti yang ditemukan di sekitar pelabuhan dan sepanjang sungai Ciliwung. Sejarah tentang Jakarta tercatat oleh para pengembara Eropa di abad ke-16. Kala itu, Jakarta marak disebut sebagai Kalapa, yang merupakan pelabuhan utama kerajaan Sunda.

Baca Juga:Penyebab Kasus Rabies Pada Anak Indonesia TinggiWA Akhirnya Merilis Fitur Bisukan Telepon Tidak Dikenal!

Pelabuhan yang turut menjadi pusat perniagaan Portugis kala itu diserang oleh Pangeran Fatahillah pada 22 Juni 1527. Sejak itu, Pangeran Fatahillah mengganti nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta. Tanggal penyerangan tersebut hingga kini diperingati sebagai HUT Kota Jakarta.

Mengenal tentang HUT ke-496 Kota Jakarta

Setiap tanggal 22 Juni, Kota Jakarta memperingati hari jadinya. Tahun ini, hari jadi Kota Jakarta memasuki usia yang ke-496 tahun. Dengan tema “Jadi Karya untuk Nusantara”, sebagai amplifikasi slogan Sukses Jakarta untuk Indonesia. Bermakna akan kesiapan Jakarta untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia.

Makna Warna Jadi Karya untuk Nusantara

Biru Muda: Mewakili pertumbuhan Jakarta menjadi Kota Global.
Biru Tua: Mewakili komitmen Jakarta dalam memberikan rasa aman bagi warga.
Hijau: Mewakili harmoni, sinergi, dan integrasi masyarakat mencapai pembangunan berkelanjutan.
Kuning: Mewakili optimisme dan harapan transformasi Jakarta dari IKN menjadi Kota Bisnis berskala global.
Merah: Mewakili keberanian dan semangat Jakarta menghadapi berbagai tantangan baru di segala sektor.

0 Komentar