HUT DKI Jakarta 2023: Transportasi Gratis Hari ini!

HUT DKI Jakarta 2023: Transportasi Gratis Hari ini!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Hallo warga Jakarta, kalian udah tau belum nih ada info menarik yang bakalan bikin akhir bulan kamu makin hemat loh, penasaran? Yuk simak artikelnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggratiskan tarif Transjakarta, MRT, dan LRT di hari ulang tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta, pada Kamis (22/6/2023).

BACA JUGA: 3 Tempat Angker Cianjur Menyimpan Penuh Misteri

HUT DKI Jakarta

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, hal ini tercantum dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0078 Tahun 2023.

Baca Juga:Nol Kasus Rabies, Pemda Provinsi Jabar Tetap WaspadaHARI JADI KOTA CIMAHI

“Dalam rangka HUT DKI, untuk angkutan umum di Jakarta akan di gratiskan. Mulai pukul 00.00 sampai dengan 23.59 WIB, layanan Transjakarta, LRT, dan MRT itu Rp0 atau gratis,” kata Syafrin, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/6/2023).

“Namun untuk pencatatannya sesuai dengan bank, Rp 1,” imbuhnya.

Penggratisan tarif ini, nggak cuman terjadi hanya di tahun ini. Hal serupa juga telah di lakukan pada perayaan HUT DKI di tahun sebelumnya.

Masyarakat bisa menikmati transportasi yang di kelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD) dengan gratis menggunakan kartu uang elektronik (KUE) seperti JakLingko Card, JAK Card, Flazz, E-Money, Brizzi, dan lainnya.

Syafrin menjelaskan, dengan penggratisan layanan transportasi ini, tidak akan menambah beban APBD 2023. Lantaran, Pemprov DKI tidak menggeluarkan anggaran public service obligation (PSO) atau subsidi khusus kepada BUMD bidang transportasi tersebut.

“Dalam pemberian intensif pada 22 Juni ini tidak menambah plafon PSO yang sudah disetujui bahkan tidak ada hitungan tambahan,” tutup Syafrin.

Selain menggratiskan layanan transportasi publik, Pemerintah Provinsi juga telah menyiapkan beberapa acara untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta.

Seperti, Semasa Piknik, Monas Week, Festival Jakarta Great Sale, Lebaran Betawi, Jakarta Fair, Java Jazz, Uji Emisi Akbar, JakreatiFest, Wonder of Jakarta Fest Ancol, dan lainnya.

0 Komentar