Masuki Masa PPDB, Sejumlah SMP di Cianjur Pakai Sistem Online

PPDB sistem online
Ilustrasi: Rikzan R.A
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) sudah dimulai sejak Senin (19/6/2023) lalu hingga Sabtu (24/6/2023) mendatang. Ada 20 SMP unggulan di Cianjur yang diwajibkan melaksanakan PPDB secara online.

Diketahui, terdapat 400 lebih SMP, 155 diantaranya merupakan SMP negeri.

Pantau Penerimaan Siswa Tahun Ajaran Baru, Kemenag Berlakukan Prokes dan Tanpa Perpeloncoan di Madrasah

Pada hari pertama dua hari lalu, server PPDB online sempat down akibat tingginya peminat peserta didik di 20 SMP unggulan tersebut. “Di hari pertama kemarin (Senin) server PPDB online sempat down karena orang tua berlomba-lomba mendaftarkan anaknya di sekolah favorit, padahal kan pendaftaran bisa sampai Sabtu,” kata dia.

Baca Juga:Pemerintah Berencana Bangun 4 Jalan Tol yang Hubungkan CianjurAkibat Longsor, Akses Cianjur Selatan Sementara Lumpuh

Untuk pendaftaran PPDB online dibagi menjadi empat jalur yakni zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua siswa.

Dinkes dan Disdikpora Cianjur akan Gelar Lomba Rumah dan Sekolah Sehat

Sedangkan afirmasi dengan kuota 15 persen, diperuntukan bagi siswa yang kurang mampu, dengan syarat kartu Program Indonesia Pintar (PIP), surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa.

“Tapi afirmasi ini baiknya sepaket dengan zonasi, jadi sekolah pilihannya lebih baik dekat dengar rumahnya,” ujarnya.

Sementara untuk jalur prestasi dengan kuota 30 persen, siswa yang ingin bersekolah di SMP unggulan yang jaraknya jauh dari rumah, harus memiliki bukti prestasi baik dalam akademik maupun non-akademik.

“Misalnya anak didik berprestasi dari Cianjur Selatan, mau bersekolah di SMP Negeri 1 Cianjur, harus ada sertifikat seperti misalnya nilai raport sangat baik, atau dia pernah juara lomba Olimpiade Sains Nasional, atau non-akademik seperti juara olahraga tingkat kabupaten, bisa memilih sekolah unggulan yang diluar zonasinya,” kata Helmi.

0 Komentar